Apa Manfaat Menggunakan Whastapp Business API? Simak Ulasannya Disini


Pada kesempatan yang baik ini izinkan kami untuk sharing informasi mengenai Whatsapp Business API untuk bisnis perusahaan.

Semoga sharing informasi dari kami ini bisa menjadi referensi dan juga rujukan untuk kamu sekalian mengenai Whatsapp API ini.

So, langsung saja kita simak bersama informasi lengkapnya berikut ini.

image for Apa Manfaat Menggunakan Whastapp Business API? Simak Ulasannya DisiniSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Apa Itu Whatsapp Business API?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai manfaat dari Whatsapp API, tentu baik bagi kita untuk mengenali lebih jauh seputar Whatsapp Business API itu sendiri.

Perlu untuk diketahui bahwa API ini merupakan kependekan dari Application Programming Interface yang merupakan serangkaian kode yang dikembangkan untuk menjadi aplikasi, sistem atau fitur.

Jadi Whatsapp Business API ini memungkinkan pihak ketiga terintegrasi dengan Whatsapp yang tujuannya mempermudah komunikasi perusahaan dengan pelanggan agar efektif dan efisien.

Contoh dari Whatsapp Business API antara lain fitur centang biru, sistem customer service, sistem CRM (Customer Relationship Management) dan masih banyak lagi.

Secara umum pengguna Whatsapp Business API adalah bisnis dengan skala menengah ke atas yang ingin menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi.

Manfaat Whatsapp Business API

Setelah kita mengetahui dengan jelas terkait dengan Whatsapp Business API, saatnya untuk kita juga mengetahui berbagai macam manfaatnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi Whatsapp Business API untuk perusahaan, silahkan disimak baik-baik:

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Pengguna Whatsapp Business API secara otomatis mendapatkan verified badge dalam bentuk centang hijau yang bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan dan kepercayaan pelanggan.

Fitur yang satu ini memungkinkan pelanggan untuk membuka pesan broadcast dan membacanya, hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan semakin dipercaya oleh pelanggannya.

Pelayanan Tanpa Henti

Whatapp API menghadirkan fitur chatbot yang bisa memberikan pelayanan berupa jawaban atas pertanyaan dari pelanggan kapan pun itu, bahkan ketika di luar jam kerja.

Fitur yang satu ini dibuat dengan tujuan memberikan respon otomotis secara cepat dan akurat, memberikan informasi dasar, bahkan mengarahkan kepada referensi atau produk yang relevan.

Membantu Aktifitas Promosi dan Pemasaran

Salah satu fitur Whatsapp yang banyak digunakan dalam rangka aktifitas promosi dan juga pemasaran perusaahaan adalah broadcast atau pesan siaran.

Jika menggunankan Whatsapp Personal dan Whatsapp Business hanya dibatasi ke 256 pengguna saja, tidak dengan Whatsapp API yang jumlahnya tidak terbatas.

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Whatsapp Business API memudahkan perusahaan untuk berkomuikasi dengan pelangganya secara cepat, mudah, akurat, personal dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tentu saja hal ini membuat pelanggan merasakan pengalaman yang membuatnya semakin percaya, hubungan yang seperti ini tentu saja bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.

Meningkatkan Interaksi dan Retensi Pelanggan

Tujuan utama hadirnya Whatsapp API yang terintegrasi dengan sistem perusahaan adalah untuk pengalaman komunikasi yang lebih baik antara perusahaan dengan pelanggan.

Pastinya hal-hal yang semacam ini bisa membuat interaksi dan retensi pelanggan menjadi meningkat sehingga dampaknya akan berujung kepada tingkat penjualan.

Menghemat Biaya

Salah satu hal yang dijadikan sebagai tolak ukur perusahaan menggunakan Whatsapp Business API adalah untuk efektifitas dan efisiensi pengeluaran.

Dengan sistem ini perusahaan bisa menghemat banyak biaya karena memangkas jumlah agen atau admin hingga hanya 1 atau 2 orang saja.

Laporan Data untuk Pengambilan Keputusan

Setiap perusahaan tentu berharap keputusan-keputusan yang diambilnya itu tepat, untuk itu diperlukan data-data yang mendukung hal itu.

Whatsapp Business API dapat diintegrasikan dengan aplikasi, sistem atau fitur dari luar untuk melakukan pengambilan, pengolahan, dan pengelolaan data.

Bagikan: