Apa yang Dimaksud dengan Spam Chat dalam Aplikasi WA? Inilah Jawabannya


Untuk kamu yang mau tahu lebih jauh lagi seputar spam chat dalam WA, berarti kamu sedang berada di tempat yang benar.

Karena pada kesempatan yang baik ini kamu akan sharing informasi mengenai hal itu dan tentunya insight-insight WA lainnya.

Untuk itu mari kita simak bersama ulasannya yang berikut ini, check this out:

image for Apa yang Dimaksud dengan Spam Chat dalam Aplikasi WA? Inilah JawabannyaSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Sekilas Info Mengenai Aplikasi WA

Tentu ada baiknya bagi kita untuk mengetahui aplikasi WA terlebih dahulu sebelum lanjut kepada pembahasan seputar spam chat.

Whatsapp atau yang populer disebut dengan WA merupakan aplikasi perpesanan instan yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berkomunikasi.

Whatsapp tidak hanya mengakomodir komunikasi dalam bentuk text (chat) saja, melainkan juga bisa suara, gambar, video, kirim dokumen, lokasi, dan yang lainnya.

Kita bisa bilang bahwa Whatsapp dan aplikasi pesan instan lainnya merupakan bentuk “upgrade” dari SMS. Kelebihan lainnya dari Whatsapp adalah free alias tidak berbayar, kita hanya perlu koneksi internet saja.

Perlu untuk diketahui juga bahwa saat ini Whatsapp adalah “raja” aplikasi pesan instan di dunia. Penggunanya lebih banyak dibandingkan dengan Line, Telegram, WeChat, dan yang semisalnya.

Apa yang Dimaksud dengan Spam Chat?

Nah setelah kita mengetahui lebih dalam seputar aplikasi Whatsapp, saatnya untuk kita juga tahu mengenai spam chat pada WA.

Kalau kita merujuk kepada lama DTI ITB, maka didapatkan bahwa pengertian spam adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik untuk mengirim berita iklan atau keperluan lainnya secara massal.

Mungkin kita bisa mengartikan spam chat sebagai pengiriman pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya melalui perangkat eletronik.

Jadi kita bisa memberikan pengertian spam chat di WA sebagai aktiftas mengirimkan pesan secara massal (banyak) yang tidak dikehendaki oleh pihak penerima melalui aplikasi Whatsapp.

Nampaknya perlu untuk kita tahu bahwa aktifitas melakukan spam disebut dengan spamming dan orang yang melakukannya disebut dengan spammer.

Bagaimana Cara Mengatasi Agar Tidak Mendapatkan Spam?

Setelah kita mengetahui mengenai spam chat dalam aplikasi WA, kita juga perlu untuk tahu bagaimana cara mengatasi agar tidak mendapatkan spam tersebut.

Sebelumnya kita juga perlu tahu beberapa hal yang membuat banyak spam chat masuk ke no WA kita. Hal ini tentu saja bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya lebih banyak lagi spam chat WA.

Di bawah ini adalah 3 poin kenapa WA kita kena spam chat:

  1. Masuk ke dalam grup WA secara sembarangan.
  2. Sering membagi-bagikan no WA secara gampangan.
  3. Memberikan no WA untuk masuk situs tertentu.

Nah jika no kontak kamu sudah terlanjur mendapatkan pesan spam, kamu bisa melakukan beberapa tindakan berikut ini:

  • Jangan pernah untuk menanggapi pesan spam tersebut.
  • Jangan mengklik apapun yang ada di dalam isi pesan spam.
  • Blokir dan laporkan no yang menyebarkan spam.
  • Keluar dan batasi untuk masuk dalam sebuah grup.
  • Aktifkan fitur WA yang bernama “Silence Unknown Callers”.
Bagikan: