Apa yang Dimaksud dengan Whatsapp API? Cari Tahu Jawabannya Disini


Pada kesempatan yang baik ini izinkan kami untuk sharing informasi mengenai Whatsapp API dan hal-hal lain yang terkait dengannya.

Semoga informasi yang kami sampaikan pada tulisan kali ini bisa menjadi referensi atau rujukan untuk kamu mengetahui insight seputar aplikasi WA.

Untuk lebih jelas mengenai hal ini, silahkan simak baik-baik info berikut ini.

image for Apa yang Dimaksud dengan Whatsapp API? Cari Tahu Jawabannya DisiniSumber Gambar ini dari Pixabay

Sekilas Mengenai Platform Chatting Whatsapp

Tentu baik untuk kita mengetahui lebih jauh seputar platform WA itu sendiri sebelum melanjutkan pembahasan seputar Whatsapp API.

Kita megambil rujukan dari Wikipedia, mereka memberikan pengertian Whatsapp sebagai aplikasi perpesanan instan lintas platform gratis yang dirancang untuk ponsel cerdas.

Namun saat ini, WA tidak hanya digunakan untuk ponsel cerdas saja namun juga pc, mac, tablet dan banyak perangkat keras yang lainnya.

Platform online yang satu ini memungkinkan setiap penggunanya untuk bisa melakukan berbagai macam aktifitas seperti obrolan dari, kirim pesan, berbagi file, bertukar foto, dll.

Hebatnya, kita bisa menggunakan aplikasi yang satu ini secara gratis. Berbeda dengan pesan SMS yang menggunakan biaya pulsa.

Perlu untuk diketahui bahwa Whatsapp ini merupakan aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia mengalahkan Telegram, WeChat, Line, FB Messeger, Skype dan lainnya.

Apa yang Dimaksud dengan Whatsapp API?

Nah setelah mengetahui dengan jelas mengenai aplikasi WA itu sendiri, saatnya untuk kita juga mengetahui mengenai Whatsapp API.

API sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface, ini yang memungkinkan pihak lain mengembangkan aplikasi, sistem atau fitur yang bisa terintegrasi dengan Whatsapp.

Pada intinya Whatsapp Business API ini dibuat dengan tujuan mempermudah perusahaan untuk berkomunikasi bisnis dengan pelanggannya secara efektif dan efisien. 

Seperti misalnya fitur centang hijau sebagai akun resmi, sistem customer service, sistem CRM (Customer Relationship Management), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentu saja Whastapp Business API ini berbeda dengan Whatsapp Business dan juga Whatsapp Personal yang banyak digunakan oleh mayoritas pengguna Whatsapp.

Lalu, Apa Sih Manfaat dari Whatsapp Business API ini?

Setelah kita mengetahui dengan jelas mengenai pengertian dari Whatsapp dan juga Whatsapp Business API, saatnya untuk kita juga mengenai berbagai macam manfaatnya.

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan yang menggunakan Whatsapp Business API antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kepercayaan dari pelanggan terhadap perusahaan.
  2. Menyediakan layanan 24/7 tanpa henti.
  3. Mudah diintergrasikan dengan aplikasi, sistem atau fitur yang lainnya.
  4. Digunakan untuk kegiatan promosi dan pemasaran perusahaan.
  5. Meningkatkan pengalaman pelanggan akan pelayanan perusahaan.
  6. Meningkatkan interaksi dan retensi dari pelanggan.
  7. Menghemat biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.
  8. Menyediakan laporan data yang dipakai untuk pengambilan keputusan.

Nah itulah beberapa manfaat dari Whatsapp API yang saat ini banyak dipakai oleh perusahaan. Untuk kamu yang mengetahuinya lebih lagi, silahkan tulis dikolom komentar di bawah ya!  

Bagikan: