Apa yang Harus Dilakukan Jika Akun WA Kena Spam? Inilah Jawaban Lengkapnya


Untuk kamu yang akun Whatsappnya terkena spam dan bingun mau apa yang dilakukan, tenang saja! kamu berada di tempat yang tepat.

Pada kesempatan yang baik ini kami akan sharing lebih dalam mengenai hal tersebut dan insight-insight Whatsapp tentunya.

So, langsung saja kita simak bersama ulasan lengkapnya berikut ini.

image for Apa yang Harus Dilakukan Jika Akun WA Kena Spam? Inilah Jawaban LengkapnyaSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Mengenal Lebih Dalam Istilah Spam dalam Aplikasi WA

Tentunya baik untuk kita mengenali spam WA itu sendiri sebelum masuk kepada pembahasan seputar tidankan yang dilakukan apabila terkena spam.

Kalau kita merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka kita akan mendapati bahwa definisi spam adalah surat yang dikirim tanpa diminta melalui internet, umumnya berisikan iklan.

Perlu untuk diketahui bersama bahwa dulu spam itu biasanya dalam bentuk surat elektronik (e-mail). Namun, saat ini bentuknya lebih bervariasi lagi seperti spam chat, spam SMS, dan yang lainnya.

Laman DTI ITB memberikan pengertian spam sebagai penyalahgunaan sistem pesan elektronik untuk mengirimkan berita iklan atau kepentingan lainnya secara massal.

Sedikit informasi untuk diketahui bahwa aktifitas dalam melakukan spam disebut dengan spamming, sedangkan orang yang melakukannya disebut dengan spammer.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Akun WA Kena Spam?

Setelah kita mengetahui lebih dalam lagi seputar spam WA, sekarang lanjut kepad pembasan mengenai tindakan yang seharusnya dilakukan jika terkena spam tersebut.

Satu hal yang pasti jika dalam aplikasi WA kita terdapat pesan masuk berupa spam adalah tidak mengenakan bahkan mungkin sampai pada level jengkel.

Untuk itu, kita perlu hati-hati dalam melakukan tindakan-tindakan preventif yang membuat spam masuk ke aplikasi WA kita seperti misalnya:

  • Tidak memberikan no kontak pada situs-situs tertentu.
  • Jangan sekali-kali membagikan no kontak kepada orang asing.
  • Tidak masuk ke dalam grup WA secara sembarangan.

3 Poin di atas merupakan hal penting untuk kita menjaga no kontak kita agar tidak terkena spam. Jika hal ini dilanggar, bukan tidak mungkin akan banyak chat spam yang masuk ke kontak WA kita.

Bisa dibilang 3 poin yang disebutkan itu merupakan “gerbang utama” yang bisa menghadang aktifitas spamming. Kita sebagai “mindmaster” punya kontrol utama dalam menjaga gerbang utama tersebut.

Lalu Kalau Sudah terlanjur Kena Spam Chat Bagaimana?

Tidak bisa dipungkiri bahwa selalu ada celah untuk spam bisa masuk aplikasi WA kita, terlebih saat ini spammer semakin cerdik dalam menemukan ide-de baru untuk spamming.

Alhamdulillah, kami sudah menemukan beberapa referensi yang terepercaya terkait dengan hal ini dan semoga cara-cara ini bisa ampuh untuk menghilangkan spam yang ada.

Berikut ini adalah beberapa tindakan untuk mengantisipasi spam pada WA:

  • Tidak menanggapi pesan spam yang masuk ke WA.
  • Tidak mengklik apapun yang ada dalam isi pesan spam tersebut.
  • Segera blokir dan laporkan nomor yang menyebarkan spam tersebut.
  • Keluar dan batasi untuk masuk ke dalam sebuah grup WA.
  • Segera aktifkan fitur WA yang bernama “Silence Unknown Callers”.

Nah kira-kira seperti itulah hal-hal yang harus kita lakukan jika terkena chat spam di WA. Untuk kamu yang memiliki insight-insight lainnya seputar permasalah ini, silahkan bisa komen di bawah ini.

Bagikan: