Ciri-ciri Chat Spam di Whatsapp yang Harus Kita Kenali


Untuk kamu yang mau tahu mengenai ciri-ciri chat spam pada aplikasi Whatsapp, berarti kamu sedang berada di tempat yang tepat.

Karena pada kesempatan yang baik ini kamu akan sharing trekait hal itu, dan juga mengenai insight-insight Whatsapp pastinya.

So, langsung saja kita simak bersama info selengkapnya berikut ini.

image for Ciri-ciri Chat Spam di Whatsapp yang Harus Kita KenaliSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Apa Sih Arti dari Spam WA?

Tentu baik untuk kita mengenali arti dari spam WA itu sendiri sebelum melangkah lebih dalam mengenai ciri-cirinya.

Kalau kita merujuk kepada lama Wikipedia, maka akan didapati definisi spam sebagai penggunaan perangkat elektronik untuk mengirim pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya.

Sedangkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI memberikan pengertian spam sebagai surat yang dikirim tanpa diminta melalui internet, biasanya berisikan iklan.

Jadi kita bisa menyimpulkan secara sederhana bawha spam WA adalah chat yang dikirimkan kepada pengguna lain secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerima melalui aplikasi Whatsapp.

Perlu untuk diketahui bahwa aktifitas melakukan spam ini disebut dengan spamming dan orang yang melakukannya disebut dengan spammer.

Ciri-ciri Chat Spam di Whatsapp

Setelah kita mengetahui lebih detail mengani spam dalam aplikasi WA, saatnya untuk kita juga tahu ciri-ciri dari spam WA itu sendiri.

Kesalahan Ejaan dan Tata Bahasa

Salah satu ciri chat spam dalam aplikasi Whatsapp yang banyak dijumpai adalah kesalahan ejaan dan juga tata bahasa. Hal ini bertujuan untuk menjadikan pesan tersebut menarik untuk dibaca.

Meminta Informasi Pribadi

Jika ada no tidak dikenal meminta informasi atau data pribadi, pastika kamu tidak memberikannya. Ini adalah salah satu ciri spam Wa yang meminta kata sandi, no rek, no kartu kredit, tanggal lahir, dll.

Meminta Klik Tautan

Beberapa waktu yang lalu heboh pesan chat spam di WA yang meminta penerima pesan mengklik tautan. Jika pesan spam tersebut masuk, pastikan untuk tidak mengklik karena bisa jadi phising, malware, dan semisalnya.

Meminta Membayar Biaya Aplikasi

Tentunya semua dari kita tahu bahwa apliaski Whatsapp ini sifatnya gratis alias tidak berbayar. Kecuali untuk bisnis dengan fitur-fitur tertentu yang banyak dari kita tidak mengaktifkannya.

Meminta Meneruskan Pesan

Salah satu ciri spam chat WA adalah meminta penerima untuk meneruskan pesan ke pengguna lainnya. Hal ini tentu saja bertujuan agar pesan spam tersebut terkirim ke lebih banyak orang.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Terkena Pesan Spam?

Setelah kita mengetahui mengenai tanda-tanda dari chat spam WA, saatnya untuk kita juga tahu apa yang harus kita lakukan jika mendapatkan pesan spam tersebut.

Alhamdulillah, kami mencari berbagai macam referensi dari sumber-sumber yang terpercaya untuk bisa mengetahui detail mengenai hal ini.

So, inilah beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan jika kita mendapatkan pesan chat spam dalam aplikasi Whatsapp kita:

  • Jangan langsung menanggapi pesan spam yang masuk.
  • Jangan sekali-kali untuk mengklik tautan dalam pesan spam tersebut.
  • Segera lapor dan blokir no tersebut.

Nah mungkin itu saja tips dari kami untuk mengatasi spam WA. Untuk kamu yang mengetahui tips-tips lannya silahkan tulis dalam kolom komentar di bawah.

Bagikan: