Etika Chat dalam Aplikasi Whatsapp yang Seharusnya Kamu Perhatikan


Bersamaan dengan ini akan kami sampaikan beberapa etika berkomunikasi di dalam aplikasi Whatsapp yang sudah sepantasnya diperhatikan.

Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa menjadi referensi dan juga rujukan untuk kamu semua mengedepankan adab dalam berkomunikasi.

So, langsung saja kita simak bersama informasi lengkapnya yang berikut ini.

image for Etika Chat dalam Aplikasi Whatsapp yang Seharusnya Kamu PerhatikanSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Informasi Mengenai Aplikasi Whatsapp

Sebelum kita lanjut kepada pembahan mengenai etika berkomunikasi dalam Whatsapp, ada baiknya kita mengenali aplikasi itu sendiri, oke?

Whatsapp atau yang familiar disebut WA merupakan aplikasi perpesanan instan lintas platform pada ponsel pintar yang memungkinkan penggunanya mengirim dan menerima pesan via jaringan internet.

Berbagai macam aktifitas bisa kita lakukan dalam aplikasi Whatsapp seperti misalnya mengirim teks, audio, foto, file, gambar, menelpon, video call, membuat story dan masih banyak lagi.

Nah, perlu untuk diketahui bersama bahwa WA tidak hanya bisa dipakai dengan smartphone saja melainkan juga perangkat lainnya seperti komputer, pc, mac, tablet dan lainnya.

Saat ini Whatsapp merupakan aplikasi pesan instan paling populer di dunia mengalahkan para pesaingnya seperti WeChat, Line, Telegram, dan masih banyak lagi.

Chat WA Adalah?

Tentu baik juga untuk kita mengenali lebih jauh seputar chat WA sebelum melangkah kepada pembahan seputar etika berkomunikasinya.

Sebenarnya chat bukanlah sebuah singkatan atau kepanjangan, chat adalah istilah dalam Bahasa Inggris yang diterjemahkan sebagai aktiftas mengobrol, berbincang, bercakap-cakap, dan semisalnya.

Jadi kalau kita bicara mengenai chat WA, maka artinya aktifitas mengobrol, berbicang, atau bercakap-cakap yang dilakukan menggunakan aplikasi Whatsapp.

Dulu, istilah chat identik dengan ngobrol yang dilakukan secara offline dimana pun tempatnya. Namun saatnya chat cenderung diartikan sebagai obrolah daring alias online chat.

Perlu untuk diketahui juga bahwa aktifitas chat disebut dengan istilah chatting sedangkan penggunanya disebut dengan chat user.

Etika Chat dalam Aplikasi Whatsapp

Setelah kita mengetahui lebih jauh seputar aplikasi Whatsapp dan chat WA, saatnya untuk kita tahu seputar etika berkomunikasi dalam aplikasi tersebut.

Seperti halnya di dunia nyata yang perlu etika dalam berkomunikasi. Di dunia maya pun seperti itu, kita perlu etika dalam chat di sebuah aplikasi, salah satunya Whatsapp.

Berikut ini adalah beberapa etika chat dalam aplikasi WA yang seharusnya diperhatikan:

  1. Perhatikan waktu, misalnya tidak chat di tengah malam.
  2. Sebaiknya ucapkan salam saat memulai chat dengan pengguna lain.
  3. Tidak ada salahnya untuk mengatakan “maaf” dalam percakapan.
  4. Jangan lupa untuk menyampaikan identitas secara jelas.
  5. Pergunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, jangan alay.
  6. Sampaikan keperluan dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas.
  7. Tidak memotong percakapan, artinya biar pesan terkirim dengan lengkap.
  8. Jika memungkinkan, jangan langsung to the point.
  9. Sebisa mungkin untuk menghindari kalimat yang isinya perintah.
  10. Hindari penggunaan huruf kapital (besar) pada seluruh kalimat.
  11. Tutup percakapan dengan “salam” atau “terima kasih”.
  12. Sebisa mungkin untuk mengirim pesan teks dan bukan voicenote.
  13. Sebaiknya menggunakan profil dengan pakaian yang sopan dan etis.

Nah itulah kita-kira poin-poin penting dari etika dalam berkomunikasi di aplikasi Whatsapp. Jika kamu mengetahui poin-poin yang lainnya silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

Bagikan: