Kenapa Whatsapp Kena Spam? Cari Tahu Jawabannya Disini


Untuk kamu yang penasaran mengenai alasan kenapa aplikasi Whatsapp terkena spam, maka kamu berada di tempat yang tepat.

Karena pada kesempatan yang baik ini, izinkan kami untuk berbagi mengenai hal tersebut dan insight-insight lainnya seputar spam WA.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama ulasannya yang berikut ini.

image for Kenapa Whatsapp Kena Spam? Cari Tahu Jawabannya DisiniSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama ulasannya yang berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Spam Whatsapp?

Sebelum kita beranjak kepada pembahasan mengenai kenapa WA terkena spam, ada baiknya kita mengenai spam Whatsapp terlebih dahulu.

Dikutip dari laman DTI ITB, definisi dari spam adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal.

Kalau kita merujuk kepada KBBI maka didapati bahwa pengertian dari spam adalah surat yang dikirim tanpa diminta melalui internet, biasanya berisi iklan.

Jadi kita bisa simpulkan bahwa spam WA adalah chat yang dikirim secara massal dan biasanya berisikan iklan atau konten yang tidak diinginkan melalui aplikasi Whatsapp.

Bisa dipastikan bahwa spam ini dikirim secara bertubi-tubi, tanpa diminta, dan tidak dikehendaki penerimanya. Pada akhirnya, spam membuat pihak penerima tidak merasa nyaman dalam aplikasi tersebut.

Kenapa Whatsapp Kena Spam?

Setelah kita mengetahui lebih dalam mengenai spam di Whatsapp, saatnya untuk kita tahu hal-hal yang membuat kita terkena spam dalam aplikasi tersebut.

Kami sudah mencari tahu penyebab-penyebabnya dari berbagai sumber yang terpercaya yang diantaranya adalah sebagai berikut:

Masuk Grup Whatsapp Secara Sembarangan

Perlu untuk diketahui bahwa tidak semua anggota grup WA ini memiliki niat yang baik. Ada saja yang masuk grup untuk mendapatkan no kontak dan kemudian menyebarkan spam via japri.

Bermudah-mudahan dalam Membagikan No Kontak

Salah satu hal yang membuat no WA kita terkena spam adalah membagikan no kontak kita. Untuk itu kita harus hati-hati dalam hal seperti ini, baiknya membagikan no kepada orang yang kenal saja.

Memberikan No Kontak Pada Situs Tertentu

Tidak sedikit dari kita yang rela memberikan no kontaknya ketika masuk ke dalam sebuah situs tertentu. Padahal itu bisa menjadi cara mendapatkan kontak dan menyebarkan spam chat.

Nah kira-kira 3 poin tersebut yang menjadi penyebab kontak Whatsapp banyak terkena spam. Untuk kamu yang tahu alasan-alasan lainnya silahkan tulis dalam kolom komentar di bawah.

Blokir : Cara Ampuh Mengatasi Spam di Whastapp

Setelah kita mengetahui beberapa hal yang membuat kita terkena spam WA, saatnya untuk kita juga tahu cata mengatasinya.

Salah satu cara ampuh dalam menangani terjadi spam pada aplikasi Whatsapp adalah dengan memblokir no tersebut.

Memblokir no kontak tersebut akan membuatnya tidak bisa melakukan aktifitas chat dan juga telpon kepada kita.

Namun hal ini tidak bisa menjamin bahwa kita tidak akan terkena spam kedepannya. Hal ini bisa jadi karena spammer menggunakan no yang berbeda (belum terblokir).

Jadi baiknya untuk kita agar tidak membagi-bagikan no kontak kita kepada siapapun kecuali orang-orang yang sudah kita percayai.

Bagikan: