Kenapa WhatsApp Muncul Spam? Cari Tahu Jawaban Lengkapnya Disini


Bersamaan dengan ini akan kami sampaikan secara lengkap alasan-alasan kuat kenapa dalam aplikasi Whatsapp muncul chat berupa spam.

Tentunya kami berharap semoga tulisan ini bisa menjadi referensi dan rujukan seputar spam pada WA dan juga hal-hal yang harus dilakukan untuk menghindarinya.

So, langsung saja kita simak bersama info lengkapnya yang satu ini.

image for Kenapa WhatsApp Muncul Spam? Cari Tahu Jawaban Lengkapnya DisiniSumber Gambar dari Situs Pixabay

Spam Artinya? Ini Juga Perlu untuk Kita Ketahui

Tentu baik untuk kita mengenali lebih dulu seputar spam itu sendiri sebelum lanjut kepada pembahasan mengenai alasan kemunculan spam, oke?

Kalau kita mengambil referensi dalam lama Wikipedia, maka pengertian spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki penerimanya.

Sebelumnya pesan spam ini banyak terjadi dalam surat email. Namun saat ini kita temukan dibanyak sekali platform seperti SMS, instant messaging, dan yang lainnya.

Ada juga yang memberikan definisi spam sebagai pesan yang dikirim secara massal dan biasanya berisi iklan atau konten yang tidak diinginkan lainnya.

Perlu untuk diketahui bersama bahwa aktifitas melakukan spam disebut dengan spamming, sedangkan orang yang melakukan aktifitas spam tersebut disebut dengan spammer.

Kenapa WhatsApp Muncul Spam?

Setelah kita mengetahui lebih dalam lagi mengenai spam, saatnya untuk kita juga tahu alasan yang membuat Whatsapp kita muncul spam.

Alhamdulillah, kami sudah merangkum dari sumber-sumber yang terpercaya mengenai hal-hal yang menjadikan Whatsapp kamu terkena spam, seperti:

Tidak Memberikan No Kontak pada Situs-situs Tertentu

Terkadang kalau kita masuk ke situs tertentu muncul pop-up yang meminta no kontak. Nah kalau ada yang seperti itu jangan mau, mending kita cari informasi tersebut di situs lainnya yang aman.

Jangan Sekali-kali Memberikan No WA Kepada Orang Asing

Bisa jadi kedepannya kamu dimintai no kontak WA dari orang asing, baik itu yang sifatnya offline atau online. Jika orang tersebut mencurigakan, jangan sungkan untuk menolaknya.

Tidak Masuk Ke Dalam Grup Whatsapp Sembarangan

Salah satu pengambilan data pribadi adalah melalui grup-grup Whatsapp. Untuk itu kamu harus hati-hati dalam hal ini dan jangan sembarangan masuk ke dalam sebuah grup Whatsapp.

Bagaimana Cara Mengatasi Spam Chat di Whatsapp?

Terkadang kita sudah terlanjur mendapatkan pesan spam dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Namun sebenarnya kita bisa mengatasi hal tersebut dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Jangan menanggapi chat spam yang masuk ke aplikasi Whatsapp.
  2. Jangan mengklik apapun yang ada dalam isi pesan chat spam tersebut.
  3. Langsung blokir dan laporkan no kontak spammer tersebut.
  4. Keluar dan batasi untuk masuk ke dalam grup Whatsapp.
  5. Kamu bisa aktifkan fitur “Silence Unknown Callers”.

Nah seperti itulah cara yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi dan mengatasi pesan spam di Whatsapp. Untuk kamu yang tahu poin-poin lainnya mengenai hal ini, silahkan komentar di bawah!

Bagikan: