Apa Itu WhatsApp API, Fitur dan Manfaatnya


Jika sebelumnya kita sudah mengenal Whatsapp Business yang berhasil membantu banyak pelaku usaha kecil. Kini, ada WhatsApp API yang memiliki kemampuan otomasi dan fitur-fitur penting untuk menjangkau pelanggan.

Kehadiran fitur ini akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah semakin berkembang. Seperti kita tahu, semakin besar perusahaan, traffic pelanggan juga pastinya akan semakin tinggi.

Saat itulah kita harus meningkatkan kapasitas pelayanan dengan aplikasi perpesanan yang tidak hanya cepat dalam membalas pertanyaan, tetapi juga mengelola pelanggan dengan sangat baik.

image for Apa Itu WhatsApp API, Fitur dan Manfaatnya

Apa Itu WhatsApp API?

WhatsApp API adalah platform yang memungkinkan interaksi antara aplikasi bisnis dan layanan WhatsApp. Dengan kata lain, platform ini memungkinkan perusahaan untuk terhubung secara langsung dengan pelanggan melalui aplikasi pesan populer ini.

Berbeda dengan aplikasi Whatsapp biasa yang berfungsi untuk penggunaan personal saja, API Whatsapp lebih mengarah kepada penggunaan untuk bisnis. Utamanya untuk menjalin komunikasi dengan para pelanggan.

Platform ini dapat terintegrasi dengan sistem internal perusahaan, memungkinkan pertukaran data secara efisien antara platform WhatsApp dengan berbagai sistem lainnya. Dengan begitu, risiko terjadinya kesalahan manusia akan semakin kecil.

Bagaimana Cara Kerja Whatsapp API?

Aplikasi yang bisa juga kita dengan WhatsApp Business API ini memiliki cara kerja berbeda dari aplikasi Whatsapp biasa.

Pada dasarnya, Whatsapp API bekerja dengan menghubungkan antara aplikasi bisnis dengan aplikasi perpesanan WhatsApp. Dengan terhubungnya kedua sistem tersebut, maka komunikasi Anda dengan pelanggan akan jauh lebih lengkap.

Nantinya, Anda bisa membalas pesan dengan lebih mudah dan cepat, mengirim broadcast messages ke pelanggan spesifik, hingga mengirimkan pesan ke pelanggan dalam bentuk tombol atau list yang bisa mereka klik.

Manfaat Menggunakan WhatsApp Busines API

Penggunaan Whatsapp API memberikan banyak manfaat kepada bisnis yang sedang berjalan. Beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi ini meliputi:

1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Jika bisnis Anda sudah terintegrasi dengan API Whatsapp, maka Whatsapp Anda akan terlihat lebih profesional di mata pelanggan sehingga kepercayaan mereka akan meningkat.

2. Memberikan Layanan 24 Jam

Manfaat API Whatsapp selanjutnya adalah ketersediaan layanan bisnis selama 24 jam nonstop. Hal ini berkat adanya fitur chatbot yang bisa membalas pesan pelanggan secara otomatis dengan cepat, bahkan di luar jam kerja sekalipun.

3. Mudah Diintegrasikan dengan Sistem Lain

WhatsApp API dapat diintegrasikan dengan berbagai sistem lain seperti CRM. Dengan begitu, pengelolaan bisnis jadi lebih terpusat dan efisien sehingga berpengaruh pada potensi penjualan bisnis.

4. Hemat Biaya

Dengan sistem yang sudah serba otomatis, Anda tidak lagi membutuhkan banyak staff untuk menjalankan semua pekerjaan. Hal ini tentu bisa memangkas biaya operasional secara signifikan.

Fitur-Fitur Whatsapp API

Berikut ini adalah fitur-fitur yang bisa Anda dapatkan setelah menggunakan Whatsapp API untuk bisnis:

  • Broadcast: Mengirimkan pesan secara serentak ke banyak pelanggan dalam bentuk teks, video, atau foto.
  • Auto Reply: Menghadirkan chatbot yang bisa membalas semua pesan dari pelanggan dengan cepat.
  • Sending & Button List: Mengirimkan pesan berisi tombol atau list yang bisa ditekan sehingga memudahkan pelanggan untuk menanggapi (khusus WhatsApp Official)
  • Multi Device: Memungkinkan satu akun untuk bisa dijalankan oleh banyak perangkat.
  • Webhook Integration: Menerima pesan balasan dan status dari Webhook URL.
  • API Access: Mengirim pesan dari REST API yang tersedia.

Jika saat ini Anda membutuhkan sebuah Tools WhatsApp untuk menjalankan bisnis, maka Anda bisa menggunakan Alat WA. 

Alat WA adalah Tool WhatsApp dengan fitur terlengkap yang bisa digunakan sebagai Whatsapp API, Whatsapp Broadcast, hingga Whatsapp ChatBot. Dengan begitu, semua kelebihan WhatsApp API di atas bisa Anda optimalkan untuk kepentingan bisnis.

Bagikan: