3 Langkah Mudah Membuat WhatsApp Chatbot


WhatsApp Chatbot menjadi cara yang paling efektif dalam menangani berbagai macam pesan dari pelanggan pelanggan yang masuk ke WhatsApp, dengan adanya chatbot WhatsApp yang sesuai kebutuhan maka pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan informasi produk/layanan yang diinginkan.

Fitur chatbot WhatsApp yang lengkap dan interaktif membuat pelanggan semakin nyaman dan mudah saat ingin mengetahui suatu informasi produk/layanan, untuk itu mari kita simak fitur-fitur chatbot WhatsApp yang dimiliki oleh Alat WA berikut ini!

image for 3 Langkah Mudah Membuat WhatsApp Chatbot

Fitur-fitur WhatsApp Chatbot

Fitur chatbot WhatsApp merupakan inovasi yang memungkinkan pengguna WhatsApp berinteraksi dengan bot berbasis teks atau dalam beberapa kasus, bot berbasis gambar/video/dokumen di dalam platform WhatsApp. Berikut adalah beberapa poin kunci mengenai fitur chatbot WhatsApp:

Membuat Pesan Welcome Message

Welcome Message merupakan fitur penting yang ada didalam sebuah WhatsApp chatbot agar dapat merespon pesan yang masuk pertama kali ataupun saar sudah tidak mengirim pesan selama 24jam, sehingga pelanggan merasa disambut saat mengirim pesan ke nomor WhatsApp bisnis Anda.

Mengirim Pesan Balasan Lebih dari 1

Fitur ini sangat berguna jika anda ingin mengirim info produk berupa gambar yang banyak dan diakhiri dengan informasi produk.

Sequence Message

Fitur ini dapat membuat chatbbot WhatsApp anda mengirim pesan lebih dari satu dan memiliki jeda pengiriman, bisa anda gunakan untuk membuat pesan berantai atau mem-follow up pelanggan anda.

Parameter Interaktif

Dengan menggunakan parameter yang interaktif maka pesan balasan akan semakin terasa nyaman, contohnya dengan menyebut nama pelanggan dengan parameter {{name}} dan kata sambutan dengan menggunakan parameter {{greeting}}

Menggunakan Media (Gambar/Video/Document)

Dalam membuat chatbot WhatsApp yang lebih informatif, penggunaan media sangat disarankan untuk menarik minat pelanggan dalam mengetahui informasi produk.

Cara Membuat WhatsApp Chatbot

Setelah anda mengetahui fitur-fitur chatbot WhatsApp Alat WA. Mari kita simak cara membuat chatbot WhatsApp:

1. Memiliki Akun Alat WA

Jika anda belum memiliki akun, silakan buat terlebih dahulu pada halaman Register. Namun jika anda sudah meiliki akun silakan login terlebih dahulu.

2. Membuat Template WhatsApp Chatbot

Untuk membuat template, buka menu Auto Reply, kemudian buat group template terlebih dahulu.

image for 3 Langkah Mudah Membuat WhatsApp Chatbot

Jika anda klik tombol save, maka anda akan diarahkan ke halaman list template dari group template yang telah anda buat, selanjutnya membuat template chatbot pada tombol menu di kanan atas, kemudian klik Add New Template.

image for 3 Langkah Mudah Membuat WhatsApp Chatbot

Kemudian isi form Auto Reply yang muncul sesuai kebutuhan anda, berikut contoh template welcome message dan menu utama.

image for 3 Langkah Mudah Membuat WhatsApp Chatbot

3. Menghubungkan Group Template dengan Device yang Aktif

Jika sudah membuat template chatbot, selanjutnya hubungkan group template dengan device yang aktif dan connected dengan mengklik apply template pada group template yang telah dibuat, kemudian pilih device yang ingin dihubungkan.

image for 3 Langkah Mudah Membuat WhatsApp Chatbot

Jika sudah terhubung maka group template akan berwarna gelap seperti ini.

image for 3 Langkah Mudah Membuat WhatsApp Chatbot

Membuat chatbot WhatsApp terbilang cukup mudah, Tim kami membuatnya sederhana agar dapat digunakan oleh siapapun.

Miliki WhatsApp Chatbot Sekarang!

WhatsApp Chatbot dapat membantu bisnis anda memiliki komunikasi yang baik dan cepat dengan pelanggan anda, karena chatbot WhatsApp dapat berjalan 24jam tanpa anda harus menyalakan komputer anda, cukup hubungkan WhatsApp anda dengan Alat WA.

Untuk anda yang masih bingung bagaimana cara membuat WhatsApp Chatbot atau anda ingin bertanya tentang WhatsApp chatbot ini, silakan menghubungi CS Alat WA.

Bagikan: