10 Alasan Kenapa Bisnis Anda Memerlukan Whatsapp Business API Saat Ini Juga


Setiap dari kita mengetahui bahwa Whatsapp merupakan platform besar untuk berkomunikasi, tidak hanya untuk individu namun juga bisnis.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi perusahaan-perusahaan untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan bisnis yang bisa disediakan oleh Whatsapp Business API perihal komunikasi.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama ulasan lengkapnya berikut ini.

image for 10 Alasan Kenapa Bisnis Anda Memerlukan Whatsapp Business API Saat Ini JugaSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Whatsapp Business API itu Apa Sih?

Tentu kita perlu untuk tahu mengenai Whatsapp Business API itu sendiri sebelum lanjut perihal alasan-alasan yang membuat bisnis perlu menggunakannya.

Sebelumnya kita perlu untuk mengetahui bahwa API merupakan sebuah singkatan dari Application Programming Interface yang merupakan sekumpulan kode yang dikembangkan untuk menjadi sebuah fitur, sistem atau aplikasi.

Whatsapp Business API ini memungkinkan pihak ketiga untuk bisa mengembangkan fitur, sistem atau aplikasi yang bisa terintegrasi dengan platform Whatsapp.

Tentu saja tujuan utamanya adalah untuk mempermudah komunikasi bisnis antara perusahaan dengan para pelanggan supaya menjadi lebih efektif dan efisien.

Whatsapp Business API sendiri tentu berbeda dengan aplikasi Whatsapp yang banyak dari kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, walaupun tipe bisnis sekalipun.

Alasan Kenapa Bisnis Anda Memerlukan Whatsapp Business API

Setelah kita tahu mengenai arti dari Whatsapp Business API, saatnya untuk kita juga mengetahui alasan-alasan kenapa bisnis anda juga perlu menggunakan aplikasi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa alasan mendasar kenapa perusahaan perlu untuk menggunakan Whatsapp Business API, termasuk bisnis anda.

Kredibilitas dan Kepercayaan Pelanggan

Salah satu fitur yang begitu powerful dalam Whatsapp Business API adalah centang hijau atau yang disebut juga dengan nama verified badge.

Fitur tersebut begitu berdampak kepada kredibilitas bisnis dan kepercayaan pelanggan yang meningkat sampai 100%.

Kinerja Semakin Efektif dan Efisien

Fitur ChatBot yang terintegrasi dengan Whatsapp Business API membuat kinerja operasional semakin efektif dan efisien.

Riset menyebutkan bahwa kinerja admin (agent) dalam membalas pesan pelanggan meningkat hingga 33% dengan hadirnya fitur ChatBot ini.

Respon Terhadap Pelanggan Menjadi Lebih Cepat

Whatsapp Business API ini memberikan keleluasaan untuk pihak ketiga membuat banyak admin (multi-agent) sehingga respon terhadap pelanggan menjadi jauh lebih cepat.

Dari referensi yang kami dapatkan diketahui bahwa fitur tersebut dapat mempercepat respon kepada pelanggan hingga 89%.

Pemerataan Tugas Kepada Admin

Selain itu, hadirnya fitur multi-agen ini bisa memberikan pemerataan tugas kepada admin sehingga mendapatkan porsi tugas yang relatif sama banyaknya.

Selain itu, pertanyaan-pertanyaan yang dilayangkan dari pelanggan juga bisa dijawab oleh admin yang memiliki kualifikasi untuk menjawab pertanyaan yang datang.

Monitoring Aktifitas Admin

Sistem-sistem perusahaan yang terintegrasi dengan Whatsapp Business API memudahkan dalam hal memonitoring aktifitas setiap admin.

Perusahaan bisa melihat laporan aktifitas dan kegiatan seluruh tim secara real tim dari statistik yang ada sehingga ini bisa dijadikan bahan evaluasi untuk kedepannya.

Kemudahan Integrasi Sistem

Perlu untuk anda ketahui bahwa salah satu keunggulan dari Whatsapp Business API ini adalah kemudahan dalam hal integrasi sistem-sistem dari pihak ke ketiga.

Ada banyak sekali sistem-sistem perusahaan yang bisa diintegrasikan seperti sistem CS, sistem CRM, sistem analisis, dan masih banyak lagi.

Hubungan Personal dengan Pelanggan

Platform Whatsapp API ini memberikan kemudahan kepada perusahaan untuk mengintegrasikan sistem CRM (Customer Relationship Management).

Dengan adanya fitur yang satu ini, perusahaan bisa meningkatkan hubungan personal dengan pelanggannya yang akhirnya membuat mereka bisa loyal.

Media Promosi dan Pemasaran

Salah satu fitur yang begitu useful yang disediakan oleh pihak Whatsapp Business API adalah message blast atau yang kita kenal dengan nama broadcast.

Tentu saja ini bisa dijadikan sebagai media untuk melakukan promosi dan juga pemasaran untuk jangakaun dan tagret yang lebih luas lagi.

Skalabilitas yang Tinggi

Tentu saja setiap bisnis ingin semakin tumbuh dan berkembang dengan tingkat transaksi yang semakin hari semakin meningkat.

Untuk bisa memback-up itu semua, tentu saja perlu sistem infrastruktur yang kuat dimana platform Whatsapp mempunyai itu semua.

Privasi dan Keamanan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini merupakan era dimana kita harus bisa menjaga privasi dan keamanan data yang kita miliki.

Whatsapp Business API ini memiliki sistem enkripsi yang kuat sehingga bisa melindungi informasi-informasi sensitif para pelangan, termasuk data pribadi.

Bagikan: