Apa Arti Jarkom? Istilah Chat Whatsapp yang Perlu Anda Ketahui


Istilah jarkom merupakan kata yang familiar di telinga kita, benar kan? Tapi apakah anda tahu apa arti jarkom yang merupakan istilah populer dalam chat Whatsapp ini.

Tulisan kami yang satu ini akan membahas secara lengkap mengenai jarkom dan hal-hal yang terkait dengannya. So, simak baik-baik ulasannya yang berikut ini, lets check this out:

image for Apa Arti Jarkom? Istilah Chat Whatsapp yang Perlu Anda Ketahui

Penggunaan Whatsapp

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Whatsapp merupakan aplikasi chatting paling populer dan paling banyak digunakan di dunia mengalahkan WeChat, Like, Telegram, KakaoTalk, dan lainnya.

Whatsapp mengakomodir para penggunanya untuk saling berkomunikasi melalui berbagai macam fiturnya seperti chat tulisan, nelpon, membuat status, voice note, membuat grup, komunitas, dll.

Kehadiran Whatsapp tidak hanya memberikan kemudahakan dari sisi informasi dan komunikasi saja, namun juga memunculkan istilah-istilah yang bisa jadi baru atau sudah lama kemudian muncul lagi.

Salah satunya adalah istilah jarkom yang lumayan banyak muncul di platform Whatsapp, terutama untuk mereka yang muda-muda (gen-z) yang suka dengan chat dengan menggunakan istilah-istilah.

Apa Arti Jarkom?

Sebenarnya jarkom sendiri tidak memiliki arti atau makna secara langsung, jarkom adalah sebuah singkatan dari jaringan komunikasi.

Nah, arti dari jaringan komunikasi disini adalah mengirimkan pesan secara berantai, biasanya pesan ini dibagikan dari grup ke grup di platform Whatsapp.

Bisa dibilang jarkom ini adalah kebalikan dari japri (jaringan pribadi) atau wapri (Whatsapp pribadi) dimana seseorang hanya chat kepada satu orang saja karena sifatnya personal atau pribadi.

Terkadang jarkom sifatnya tidak tertulis, pengguna Whatsapp dalam grup suatu grup secara sadar dan sengaja membagikan sebuah informasi ke grup yang lainnya.

Sejarah Jarkom

Perlu untuk diketahui bersama bahwa jarkom ini bukanlah istilah yang baru-baru amat, hanya saja ini muncul lagi setelah maraknya aplikasi chatting seperti Whatsapp dan lainnya.

Jarkom yang notabene akronim dari jaringan komunikasi ini sudah ada sejak 20 tahunan yang lalu ketika orang-orang masih menggunakan SMS untuk komunikasi yang sifatnya teks atau tulisan.

Kenapa Jarkom? Hal ini supaya biayanya bisa murah karena pada saat itu biaya SMS per sekali kirim. Sedangkan dengan metode jarkom seseorang hanya kirim ke satu orang saja.

Untuk jarkom dengan SMS ini biasanya sudah dikordinasikan terlebih dahulu sebelum dijalankan. Sehngga pesan berantai ini bisa berjalan sesuai dengan rencana dan kembali lagi ke pengirim pertama.

Bagikan: