Apa Itu Shareloc? Istilah Populer dalam Percakapan di Whatsapp


Pastinya anda familiar dengan istilah shareloc yang begitu populer di Whatsapp, tapi apakah anda tahu apa itu shareloc yang sebenarnya?

Nah pada kesempatan kali ini, izinkan kami untuk berbagi informasi mengenai apa itu shareloc yang seringkali terlihat dalam percakapan di aplikasi WA.

Tentu anda penasaran kan? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel yang satu ini.

image for Apa Itu Shareloc? Istilah Populer dalam Percakapan di Whatsapp

Aplikasi Whatsapp

Sebelum masuk ke dalam pembahasa mengenai apa itu shareloc, tentu anda perlu juga untuk mengetahui lebih dalam lagi seputar aplikasi Whatsapp.

Aplikasi yang juga disebut dengan WA ini adalah platform perpesanan instan yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan menerima pesan teks, suara dan gambar secara gratis.

Maksud gratis adalah tidak memerlukan biaya layanan, tidak seperti halnya SMS pada telepon seluler. Hanya saja pengguna memerlukan jaringan internet (kuota) untuk bisa menjalankan aplikasinya.

Aplikasi yang satu ini menyediakan berbagai macam fitur tambahan yang memudahkan penggunanya berkomunikasi seperti komunitas, grup, lokasi, kirim file, dan masih banyak lagi.

Perlu juga anda ketahui bahwa platform Whatsapp ini merupakan yang paling populer dan banyak digunakan masyarakat dunia mengalahkan WeChat, Line, Telegram, KakaoTalk, dan lainnya.

Apa Itu Shareloc?

Setelah anda tahu lebih dalam lagi seputar aplikasi Whatsapp, saatnya untuk anda juga tahu apa arti dari Shareloc yang merupakan salah satu istilah populer di WA.

Shareloc merupakan singkatan dari “share location” yang merupakan sebuah istilah untuk meminta pengguna lain berbagi lokasi tempat mereka berada saat itu.

Location sendiri merupakan salah satu fitur yang ada di dalam aplikasi Whatsapp, fitur ini mempermudah pengguna untuk memberikan lokasi akurat dimana dia berada.

Fitur location dari Whatsapp sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu:

  1. Share live location : pengguna bisa berbagi lokasi secara live untuk jangka waktu tertentu
  2. Send your current location : pengguna mengirim lokasi pada saat ini juga (tidak live)

Perlu untuk dimengerti juga dalam penggunaanya penulisan “shareloc” tidak selalu seperti itu, ada juga pengguna yang menuliskan “serlok”, Sherloc”, dan semisalnya.

Penggunaan Istilah Shareloc

Setelah anda mengetahui mengenai aplikasi Whatsapp dan juga apa itu shareloc, saatnya untuk anda mengetahui juga contoh penggunaan istilah shareloc dalam percakapan di WA.

Untuk memudahkan dalam mengartikan dan memaknai istilah shareloc ini, langsung saja anda simak baik-baik contoh penggunaan istilah tersebut dalam percakapan berikut ini.

Rian : Ban, gw udah sampai TKP nih
Bani : oke, shareloc ya! Gw masih otw
Rian : hati-hati di jalan bro
Bani : thanks ya!

Maman : Wan, udah sampai mana?
Wawan : Masih di tol Tangerang nih, gw share live loc ya!
Maman : Oke, boleh. Hati-hati ya!
Wawan : Makasi ya Man!

Bagikan: