Apa Itu Whatsapp Business API? Inilah Jawaban Lengkapnya


Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa komunikasi antara perusahaan dengan para pelanggannya amat penting untuk keberlangsungan suatu bisnis.

Tentunya ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk hal itu, salah satunya yang begitu powerful adalah Whatsapp Business API.

Yuk langsung saja kita mengenali lebih dalam mengenai Whatsapp Business API tersebut.

image for Apa Itu Whatsapp Business API? Inilah Jawaban LengkapnyaSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Mengenal Lebih Dekat Platform Whatsapp

Tentu baik bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai platform Whatsapp sebelum membahas mengenai Whatsapp Business API.

Kami percaya bahwa anda merupakan salah satu pengguna dari aplikasi Whatsapp, namun tentu kita perlu mengetahui Whatsapp lebih dalam lagi.

Whatsapp bisa kita artikan sebagai aplikasi perpesanan instan yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berkomunikasi melalui pesan.

Seiring berjalannya waktu, platform yang satu ini juga menambahkan berbagai macam fitur yang mempermudah penggunanya seperti call, voice note, status, group, community, dll.

Bisa dibilang Whatsapp ini merupakan bentuk “upgrade” dari SMS yang sangat populer di era 2000-an, tentu anda masih ingat kan?

Sebenarnya ada banyak aplikasi semisal Whatsapp seperti Telegram, WeChat, Line, KaKaoTalk, dll. Namun, Whatsapp ini merupakan yang paling populer diantara mereka semua.

Apa Itu Whatsapp Business API?

Setelah kita mengupas mengenai platform WA itu sendiri, saatnya untuk kita juga tahu mengenai Whatsapp Business API.

Perlu diketahui bahwa API adalah sebuah singkatan dari Application Programming interface yang merupakan sekumpulan kode berupa fitur, sistem atau aplikasi.

Dengan adanya WA Bisnis API ini, pihak lain bisa mengintegrasikan fitur, sistem atau aplikasi mereka dengan platform Whatsapp ini.

Tentu saja semua ini bertujuan untuk mempermudah komunikasi bisnis yang terjalin antara perusahaan dengan para pelanggannya agar lebih efektif dan efisien.

Beberapa fitur yang banyak digunakan perusahaan dengan Whatsapp Business API ini adalah centang hijau, sistem CS, sistem CRM, sistem analisis, dan masih banyak lagi.

Tentu saja Whatsapp Business API ini berbeda dengan aplikasi Whatsapp yang banyak dari kita gunakan, meskipun itu Whatsapp Business juga.

Lalu Mengapa Perusahaan Perlu Menggunakan Whatsapp Business API?

Setelah kita mengetahui mengenai Whatsapp Business API, saatnya untuk kita juga tahu mengenai kegunaannya untuk bisnis.

Di bawah ini adalah beberapa kegunaan dari Whatsapp Business API ini untuk kepentingan bisnis yang perlu kita semua ketahui:

  • Sebagai virtual assisten dalam memberikan pelayanan kepada para pelanggan.
  • Dapat melayani komunikasi dengan pelanggan 24 jam tanpa henti.
  • Bisa menangani banyak pelanggan hanya dengan satu nomor aktif.
  • Meningkatkan kinerja dari customer service agar lebih efektif dan efisien.
  • Memangkas biaya operasional karena perlu beberapa admin saja.
  • Meningkatkan pengalaman pelanggan dengan sistem CRM yang dibangun.
  • Membangun kredibilitas dan loyalitas untuk para pelanggan.
  • Sistem analisis yang bisa digunakan sebagai feedback dalam pengambilan keputusan.
  • Sistem keamanan yang canggih dapat menjaga kerahasiaan data.
  • Platform ini juga bisa digunakan sebagai media pemasaran dan promosi.

Poin-poin di atas merupakan fungsi atau manfaat dari Whatsapp Business API untuk perusaahaan. Jadi pastikan bisnis anda juga menggunakannya.

Bagikan: