Apa Saja Fitur dari Whatsapp Business API? Temukan Jawabannya Disini


Tulisan kami yang berikut ini akan membahas secara mendalam seputar apa saja fitur dari Whatsapp Business API itu.

Semoga dengan membaca ulasan kami yang berikut ini kamu akan mengetahui jawaban mengenai hal tersebut dan insight-insight lainnya.

Untuk itu kita langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

image for Apa Saja Fitur dari Whatsapp Business API? Temukan Jawabannya DisiniSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Mengenali Whatsapp Business API

Sebelum kita masuk kepada penjelasan mengenai fitur-fitur dari Whatsapp Business API ini, ada baiknya kita mengenai apa itu Whatsapp Business API.

API itu sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface yang merupakan kode-kode dari sebuah aplikasi, sistem atau fitur yang terintegrasi dengan platform Whatsapp.

Singkatnya, Whatsapp Business API ini adalah aplikasi yang memungkinkan perusahaan bisa berkomunikasi dengan pelanggannya secara lebih efektif dan efisien.

Perlu untuk diketahui bahwa Whatsapp API ini hadir dengan fitur yang lebi canggih, jadi kita tidak bisa menemukan hal-hal yang semacam ini di Whastapp Personal bahkan Whatsapp Business sekalipun.

Fitur-fitur Whatsapp Business API

Nah setelah kita mengetahui sekilas tentang Whatsapp Business API, saatnya untuk kita tahu mengenai fitur-fiturnya secara lengkap.

Berikut ini adalah beberapa fitur dari Whatsapp Business API untuk membuat perusahaan bisa berkomunikasi dengan pelanggannya secara efektif dan efisien.

Centang Hijau

Fitur yang banyak diinginkan pelaku usaha dari Whatsapp Business API ini adalah centang hijau atau yang disebut juga dengan verified badge.

Fitur yang letaknya berada di samping display name ini sangat berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan dan kredibilitas bisnis perusahaan.

Multi Agent

Muti agent ini memiliki nama lainnya seperti multi device atau multi user yang artinya akun Whatsapp bisnis tersebut bisa digunakan untuk beberapa admin.

Tentu saja ini sangat membantu perusahaan untuk melakukan komunikasi kepada pelanggan dengan cepat, khususnya perusahaan yang memiliki banyak pelanggan.

Rotator

Fitur Whatsapp API yang satu ini sangat membantu perusahaan untuk melayani pelanggan dengan cepat secara otomatis.

Pesan pelanggan yang masuk ke perusahaan dilayani oleh beberapa admin yang sesuai dengan bidangnya dengan bantuan rotator.

ChatBot

ChatBot atau robot virtual percakapan ini dihadirkan untuk merespon pelanggan secara otomatis sehingga tak perlu lagi menunggu lama.

Perusahaan bisa mengatur chatbot ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan, alur pembayaran, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Whatsapp Blast

Salah satu fitur penting Whatsapp bagi perusahaan adalah broadcast yang memungkinkan untuk membagikan pesan hanya dengan sekali klik.

Keuntungan Whatsapp Blast dengan menggunakan Whatsapp Business API adalah bisa ke lebih banyak pengguna tanpa khawatir terblokir.

Template Pesan

Template ini sangat penting sekali untuk membalas pesan pelanggan sehingga perusahaan tidak perlu membuat tulisan pesan dari awal.

Template pesan Whatsapp Business API ini digunakan dalam fitur chatbot, autoresponder dan juga Whatsapp Blast.

Whatsapp Integration

Whatsapp Integration merupakan salah satu fitur Whatsapp Business API yang tidak ada di Whatsapp Personal maupun Whatsapp Business.

Dengan ini perusahaan bisa mengintegrasikan CRM dengan Whatsapp sehingga bisa mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Customer Support

Dengan dukungan dari Whastapp Business API, perusahaan bisa mengoptimalkan pelayanan mereka kepada para konsumen.

Fitur tersebut terintegrasi dengan sistem customer service dan juga CRM (Customer Relationship Management) perusahaan.

Laporan Kinerja

Perusahaan dapat meningkatkan pengalaman dan layanan bisnis dengan insight dari laporan kinerja yang didapatkan.

Tentu saja ini akan membuat perusahaan semakin dekat dengan pelanggannya yang diberikan pelayanan yang optimal.

Bagikan: