Apa Saja Komponen Whatsapp Business API itu? Cari Tahu Jawabannya Disini


Pada kesempatan yang baik ini, izinkan kami untuk sharing informasi terkait dengan apa saja sih komponen yang ada dalam Whatsapp Business API itu.

Semoga apa yang kami informasikan kali ini bisa menjadi insight untuk kamu semua mengenai hal tersebut dan info-info lainnya seputar WA Business API.

So, langsung saja disimak info lengkapnya yang berikut ini, lets check this out:

image for Apa Saja Komponen Whatsapp Business API itu? Cari Tahu Jawabannya DisiniSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Apa yang dimaksud dengan Whatsapp Business API?

Sebelum kita melanjutkan pembahasan seputar komponen dari Whastapp Business API, kita perlu tahu untuk mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

API sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yakni sistem yang memungkinkan developer mengintegrasikan aplikasi lainnya ke dalam Whatsapp.

Whatsapp Business API ini dibuat dengan tujuan semata-mata memudahkan komunikasi perusahaan dengan pelanggannya supaya menjadi lebih efektif dan efisien.

Ada banyak fitur yang bisa dimaksimalkan perusahaan dengan Whatsapp API ini seperti misalnya fitur unlimited broadcast, fitur customer service, fitur CRM (Customer Relationship Management).

Pastinya fitur-fitur yang disebutkan di atas tidak bisa kita dapatkan dalam Whatsapp Personal atau Whatsapp Business yang banyak dari kita gunakan.

Komponen-komponen dalam Whatsapp Business API

Setelah kita mengetahui penjelasan mengenai Whatsapp Business API, saatnya untuk kita juga tahu lebih dalam lagi mengenai komponen-komponen yang ada di dalamnya.

So, berikut ini adalah beberapa komponen yang ada dalam Whatsapp Business API yang perlu untuk kita ketahui bersama:

Profil Bisnis

Profil bisnis merupakan sekumpulan informasi dari suatu bisnis yang diperlukan oleh para pelanggan untuk mengetahuinya.

Profil bisnis ini terdiri dari beberapa bagian seperti gambar profil, display nama, nomor bisnis, email bisnis, website bisnis, dan juga deskripsi.

Nomor Telepon

Jika kamu ingin memiliki Whatsapp Business API, wajib hukumnya untuk memiliki nomor telpon. Pastikan nomor tersebut dapat menerima panggilan dan SMS, salah satunya untuk verifikasi.

Untuk nomor telpon, kamu bisa menggunakan yang sudah ada atau membeli nomor baru. Namun sebaiknya, nomor yang digunakan tidak dipakai untuk aplikasi lain.

Perlu untuk diketahui bahwasannya pengiriman pesan juga ada batasan-batasan (tahapan-tahapan). Jika kita sudah bisa melewati tahapannya maka kita bisa kirim pesan tanpa batas.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah peringkat dan status kualitas nomor telepon. Pastikan harus tetap tinggi dengan melakukan percakapan yang berkualitas sehingga tidak diblokir.

Perpesanan

Whatsapp Business API menyediakan berbagai jenis perpesanan dalam layanannya, dua diantaranya yang paling banyak digunakan adalah sessional messaging dan template.

Sessional messaging adalah layanan perpesana untuk bisnis untuk bisa membalas pesan pelanggan dalam waktu 24 jam. Jika sudah lewat 24 jam, maka bisnis tidak bisa lagi mengirimkan pesan ini.

Pihak Whatsapp memberlakukan hal ini untuk mencegah terjadinya tindakan spamming dan memastikan bisnis membalas pesan yang masuk dengan cepat.

Tempale adalah layanan perpesanan yang telah disetujui oleh pihak Whatsapp untuk memulai percakapan baru (hal ini karena bisnis tidak membalas pesan sebelumnya dalam waktu 24 jam).

Template ini dibuat oleh bisnis sesuatu dengan kebutuhan, bisa teks saja atau dengan tambahan multimedia. Jika pihak Whatsapp menyetujuinya, maka template tersebut bisa digunakan.

Manajemen Kontak

Manajemen kontak dalam Whatsapp Business API sangatlah penting, hal ini karena mengirimkan pesan ke nomor yang tidak ada (penggunanya) akan menurunkan peringkat kualitas bisnis.

Jadi sebelum mengimport kontak yang ada, pastikan no tersebut valid atau tidaknya. Bisnis bisa melalukan hal ini ke pihak Whatsapp, namun jangan dilakukan secara berlebihan.

Sistem Analisis

Satu hal yang juga penting bagi bisnis adalah sistem analisis yang disediakan oleh Whatsapp Business API untuk bisa mengolah, menganalisis dan mengelola data pengguna akun whatsapp bisnis.

Dengan ini, perusahaan akan semakin mudah mengenali dan memahami para pelanggannya termasuk isi pesan, jumlah pesan, waktu respon dan hal-hal lain yang disukai pelanggan. 

Bagikan: