Apa Saja Batasan-batasan yang ada dalam Whatsapp Business API?


Dewasa ini semakin banyak perusahaan kelas menengah ke atas yang menggunakan Whatsapp Business API sebagai solusi komunikasi dengan pelanggan mereka.

Namun tentu saja platform ini tidak sembarangan dalam penggunaannya, ada batasan-batasan yang perlu untuk dipatuhi oleh pengguna.

Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita simak ulasannya yang berikut ini.

image for Apa Saja Batasan-batasan yang ada dalam Whatsapp Business API?Sumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Sekilas Mengenai Whatsapp Business API

Sebelum lanjut kepada pembahasan seputar batasan-batasan dalam penggunaannya, tentu saja perlu juga tahu lebih dalam seputar Whatsapp Business API itu sendiri.

Istilah API itu sendiri merupakan sebuah singkatan dari Application Programming Interface, yang mana ini merupakan sekumpulan kode yang membentuk fitur, sistem atau aplikasi.

Dengan adanya Whatsapp Business API ini dapat memudahkan pihak luar dalam membuat fitur, sistem atau aplikasi yang terintegrasi dengan platform WA.

Tujuan utama dari kehadiran Whatsapp Business API ini adalah untuk mempermudah komunikasi antara perusahaan dengan para pelanggannya agar semakin efektif dan efisien.

Beberapa fitur yang banyak digunakan oleh perusahaan dalam hal ini adalah centang hijau, message blast, sistem CS, sistem CRM, sistem analisis, dan masih banyak lagi.

Lalu Apa Saja Batasan-batasan dalam Penggunaan Whatsapp Business API ini?

Setelah kita tahu mengenai Whatsapp Business API itu sendiri, saatnya untuk kita juga tahu mengenai batasan-batasan dalam penggunaannya.

Menggunakan Whatsapp Business API tidak bisa dilakukan secara suka-suka alias sembarangannya, tentu ada batasan-batasan yang harus dipatuhi para penggunannya seperti:

Perpesanan

Salah satu fitur powerful dari Whatsapp Business API yang paling banyak dipakai adalah pesan siaran (broadcast) atau message blast.

Namun dalam penggunaan fitur ini tidak bisa sekaligus banyak, ada tahapan-tahapan tertentu untuk bisa langsung banyak.

Tahapan dalam Whatsapp Business API sebagai berikut :

  1. Tahap Percobaan : kirim ke 50 kontak unik dalam 24 jam.
  2. Tahan ke-1 : kirim ke 1.000 kontak unik dalam 24 jam.
  3. Tahap ke-2 : kirim ke 10.000 kontak unik dalam 24 jam.
  4. Tahap ke-3 : kirim ke 100.000 kontak unik dalam 24 jam.
  5. Tahap ke-4 : kirim ke kontak unik yang tak terbatas dalam 24 jam.

Percakapan Grup

Salah satu fitur penting yang ada dalam platform Whatsapp adalah grup, ini ada di Whatsaap Personal dan juga Whatsapp Business (biasa).

Namun berbeda dengan Whatsapp Business APi yang memiliki batasan dalam hal ini, pengguna tidak bisa menggunakan fitur WAG.

Hal ini juga berarti pengguna Whatsapp Business API tidak bisa mengundang nomor Whatsapp Resmi ke dalam percakapan grup.

Pesan Siaran

Selain ada batasan-batasan pada tahapan perpesanan, pesan saran juga memiliki batasan-batasan yang harus dipatuhi pengguna.

Untuk pesan siaran harus berupa konten pesan template yang telah disetujui pihak Whatsapp tanpa menyertai lampiran apapun.

Oleh sebab itu, perusahaan harus bisa menyeimbangkan antara pesan template yang menarik dengan pesan tempate yang berkesesuaian guidelinenya Whatsapp.

Bagikan: