5 Cara Menawarkan Produk Lewat WA, Bikin Promosi Efektif!


Dalam dunia marketing ada salah satu strategi yang kini cukup populer. Namanya WhatsApp Marketing. Di dalamnya, ada berbagai praktik dan cara menawarkan produk lewat WA yang penerapannya cukup mudah bagi beberapa orang.

Perbedaan mendasar dari WhatsApp Marketing dengan strategi lainnya adalah hubungan yang sifatnya begitu personal.

NASSCOM Community mengatakan bahwa dengan ini, menjalin hubungan dan mendapatkan kepercayaan pelanggan jauh lebih mudah dengan WhatsApp Marketing karena fitur-fiturnya.

Keunggulan inilah yang sebenarnya membuat banyak pebisnis ingin memanfaatkan WA untuk kepentingan promosi. Hanya saja, penerapannya seringkali salah karena minim pengetahuan tentang cara menawarkan produknya sendiri lewat WA.

image for 5 Cara Menawarkan Produk Lewat WA, Bikin Promosi Efektif!

Cara Menawarkan Produk Lewat WA

Kamu pebisnis yang ingin tahu cara menawarkan produk online melalui WhatsApp? Nih, kami berikan beberapa cara mudah agar kamu lebih leluasa lagi untuk menerapkannya:

1. Pakai WhatsApp Business

Sebaiknya gunakan WhatsApp Business jika ingin promosi kamu berjalan lebih lancar karena fitur-fitur di dalam WA Business lebih mendukung kegiatan promosi daripada WhatsApp biasa.

Kami mendata paling tidak ada 12 fitur unggulan yang bisa mendukung bisnismu. Di antaranya seperti Business Profile, Quick Replies, Automatic Greeting Message, Automatic Away Massage, Catalog, WhatsApp Payments, dan masih banyak lagi.

Semua fitur ini akan sangat memudahkanmu untuk memasarkan atau menawarkan produk kepada calon pelangganmu.

2. Buat Katalog Produk

Contoh WhatsApp Marketing yang berhasil menjangkau lebih banyak pelanggan sekaligus membuat mereka tertarik melakukan pembelian punya satu alasan.

Penyedia produknya membuat katalog di WhatsApp dengan sangat rapi. Yap, kamu pun bisa membuatnya untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Dengan cara ini, pelanggan bisa tahu apa saja produk yang kamu miliki dan kamu tawarkan.

Dengan adanya katalog produk, kemungkinan pelangganmu bakal melihat semua produknya, loh. Tentu saja, ini bisa mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Bisa beli lebih dari satu produk doang!

3. Maksimalkan Kolom Chat One on One dan Group

Cara menawarkan produk lewat WA lainnya adalah memaksimalkan kolom chat yang ada. Tidak hanya one on one, tapi group chat pun harus kamu manfaatkan.

Group chat ibarat kolam ikan dan kamu ibarat pemancingnya. Berikan ‘umpan’ berupa penawaran produk atau layanan dari bisnismu. Kemudian, biarkanlah ‘ikan-ikan’ itu memakan umpannya.

Menggunakan Group WhatsApp pastinya sangat efektif jika semuanya ada dalam satu group karena semua bisa kamu jangkau dengan sekali memberi ‘umpan’ atau sekali mempromosikan barang saja.

4. Buat Interaksi yang Lebih Personal

Di dunia ini, siapa sih yang tidak sudah diistimewakan atau membuat mereka merasa spesial? Begitu juga dengan pelangganmu. Mereka akan lebih suka jika kamu bikin suatu hal yang spesial untuk mereka.

Contohnya dengan membuat interaksi yang lebih personal. Hal ini bisa kamu lakukan untuk calon pelanggan yang potensial untuk melakukan pembelian ulang atau membeli dalam jumlah besar.

Caranya mungkin nggak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Cobalah untuk mengingat siapa namanya, ketertarikan, preferensi, dan kebutuhannya.

Misalnya nih, saat akan memulai obrolan bisa kamu mulai dengan memanggil nama mereka. Hal ini akan membuat hubungan antara brand dan pelanggan jauh lebih personal.

5. Kirim Pesan Promosi Rutin

Biar pelanggan tidak lupa, kirimlah pesan dengan rutin. Isinya tentu mengenai produk atau layanan yang kamu berikan. 
Caranya bisa dengan memanfaatkan fitur broadcast yang sudah tersedia dalam WhatsApp Business. Hal ini harus kamu lakukan agar hubunganmu dengan pelanggan bisa tetap terjaga.

Itulah beberapa cara menawarkan produk lewat WA yang bisa kamu lakukan. Memang sederhana, tapi proses untuk membangun hubungan antara kamu dan pelanggan mungkin butuh waktu cukup lama.

Namun, ada cara yang lebih cepat untuk kamu coba. Pertimbangkan untuk pakai Alat WA yang akan memberi banyak keuntungan. Alat WA bisa membantumu broadcast tanpa limit dan kirim pesan yang jauh lebih menarik ke pelanggan.

Tak hanya bisa memberi keuntungan untuk bisnismu. Alat WA ini menawarkan user interface yang sederhana sehingga siapa pun bisa menggunakannya dengan sangat mudah. Kunjungi https://alatwa.com/ untuk informasi lengkapnya!

Bagikan: