Cara Menggunakan Whatsapp Business API untuk Jualan Online


Pada kesempatan yang baik ini, izinkan kami untuk berbagi informasi mengenai cara menggunakan Whatsapp Business API untuk jualan online.

Tentunya informasi yang kami sampaikan ini bisa dijadikan sebagai referensi dan insight untuk anda yang berjualan online di internet.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan lengkapnya yang berikut ini, check this out:

Definisi dari Whatsapp Business API

Tentu baiknya mengenali definisi dari Whatsapp Business API itu sendiri sebelum lanjut kepada pembahasan seputar cara menggunakannya untuk jualan online.

Istilah API merupakan singkatan dari Application Programming Interface, ini merupakan sekumpulan kode yang membetuk sebuah fitur, sistem atau aplikasi.

Jadi sederhananya definisi dari Whatsapp Business API adalah kode-kode dari fitur, sistem atau aplikasi yang terintegrasi dengan platform Whatsapp.

Tentunya Whatsapp Business API ini bertujuan untuk menjadikan komunikasi bisnis antara perusahaan dengan para pelanggannya menjadi efekstif dan efisien.

Beberapa fitur yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk hal itu antara lain verified bagde, sistem CS, sistem CRM, sistem analisis, dan lainnya.

Cara Menggunakan Whatsapp Business API untuk Jualan Online

Untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik tentu pengguna harus tahu bagaimana cara menggunakan Whatsapp Business API dengan baik dan benar.

Berikut ini adalah beberapa poin dari cara menggunakan Whatsapp Business API untuk jualan online yang perlu anda semua ketahui bersama.

Menentukan Target

Dalam strategi pemasaran, menentukan target konsumen merupakan hal yang sangat penting. Whatsapp Business API ini merupakan media untuk itu, jadi target pasarnya perlu ditentukan dulu.

Jika targetnya sudah ditentukan, maka bisa dikirimkan pesan broadscast yang isinya:

  • Informasi mengenai produk atau layanan yang anda tawarkan.
  • Mengajak mereka untuk membeli produk atau layanan anda.
  • Memberikan diskon atau promo untuk meningkatkan penjualan anda.

Jika pesan broadcast yang anda kirimkan sampai ke target tujuan yang pas, maka kemungkinan terjadi penjualan akan semakin besar.

Content Marketing Plan

Dalam era media sosial seperti sekarang ini, perencanaan yang baik dalam membuat content marketing sangatlah penting. Ingat bahwa “gagal dalam merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan”.

Anda bisa membuat banyak sekali variasi tipe konten, misalnya saja konten-konten yang sifatnya edukatif, konten-konten yang sifatnya informatif, konten-konten yang sifatnya hiburan, dan masih banyak lagi.

Nah jika itu dilakukan dengan benar maka akan banyak pelanggan yang tertarik sehingga mereka akan mau berkunjung ke profil dan mengenal bisnis anda lebih jauh lagi.

Broadcast Pesan secara Personal

Salah satu cara yang digunakan dalam menggunakan Whatsapp Business API untuk jualan secara online adalah dengan melakukan broadcast atau blast pesan secaar personal.

Sebisa mungkin hindari pesan-pesan yang template, pesan-pesan yang isinya sama ketika dikirimkan antara satu pelanggan dengan pelanggan lainnya.

Jika pesan yang dikirimkan dibuat secara personal maka pelanggan akan merasa tersentuh dan dihargai. Hal-hal yang seperti ini akan membuat pelanggan dan menjadi senang bahkan loyal. 

Customer Relationship Management

Salah satu fitur yang begitu powerful ketika digunakan dalam Whatsapp Business API adalah sistem CSR (Customer Relationship Management).

Dengan adanya sistem yang satu ini, perusahaan berusaha untuk membina hubungan yang baik dengan para pelanggannya termasuk sharing informasi, berinteraksi dan lainnya.

Manjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan merupakan strategi yang penting bagi perusahaan, ini bisa menjadikan pelanggan semakin loyal dan tidak “keluar” dari perusahaan.

Konsistensi

Pastinya anda tahu bahwa jualan di internet bukan perkara yang mudah dan tidak langsung memberikan hasil. Untuk itu, perusaahaan harus konsisten bekerja keras dalam jalur yang benar.

Jika hal ini dijalankan terus menerus, maka lambat laun orang-orang akan semakin aware dengan produk yang ditawarkan perusahaan dan kemudian membelinya.

Jika sudah ada ditahapan ini, pastikan produknya bagus dan pelayanannya prima. Kalau hal ini dilakukan maka perusahaan anda akan memenangkan hati pelanggan.

Bagikan: