Mengenali Fungsi Chatting di Dalam Kehidupan Sehari-hari


Disadari atau tidak, aktifitas chatting ini memberikan dampak di dalam kehidupan keseharian kita.

Nah, tulisan kami kali ini akan membahas lebih detail terkait dengan fungsi chatting dalam mempermudah kehidupan keseharian kita.

Penasaran kan? Silahkan simak baik-baik informasi lengkapnya yang berikut ini.

image for Mengenali Fungsi Chatting di Dalam Kehidupan Sehari-hari

Chatting via Whatsapp

Sebelum anda mengenali fungsi chatting lebih dalam lagi, alangkah baiknya untuk anda juga mengetahui perihal chatting via platform WA.

Sebenarnya istilah chatting ini berasal dari kata “chat” yang artinya “obrolan”, jadi chatting ini sebenarnya bisa dilakukan dimana saja seperti di rumah, di sekolah, di kantor, dan lain-lain.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikas membuat makna “chatting” ini semain menyempit, yakni obrolan yang terjadi di dunia maya melalui suatu platform.

Salah seorang penulis buku memberikan pengertian chatting sebagai aktifitas percakapan yang dilakukan lewat media internet, tanpa harus bertatap muka dengan lawan bicaranya.

Salah satu aplikasi chatting yang populer dan banyak digunakan saat ini adalah Whatsapp. Aplikasi milik Meta ini mengalahkan WeChat, Telegram, Line, KakaoTalk, dan yang lainnya.

Whatsapp mengakomodir penggunanya untuk bisa berkomunikasi satu sama lain melalui tulisan, telpon, status, voice note, membuat grup, komunitas, dan masih banyak lagi.

Fungsi Chatting

Perlu untuk dipahami bersama bahwa fungsi chatting dapat mempermudah kehidupan manusia. Untuk itu, kita harus bisa mengoptimalkan dari dampak positif yang ditimbulkan dari chatting itu.

Berikut ini adalah poin-poin dari fungsi chatting yang akan kami informasikan untuk anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut

Mempermudah Komunikasi

Hadirnya aplikasi-aplikasi chatting membuat komunikasi menjadi semakin mudah, seseorang tidak perlu lagi bertemu dengan orang lain untuk berkomunikasi yang notabene menguras waktu.

Meningkatkan Produktifitas

Platform chatting bisa membuat komunikasi menjadi semain efektif dan efisien. Kalau dalam dunia kerja, ini bisa membuat produktifitas semakin meningkat baik itu secara individu maupun tim.

Mendukung Kerja Tim

Fungsi chatting yang lainnya adalah bisa mendukung kerja secara tim, bahkan semakin produktif. Tiap-tiap anggota tim bisa saling berkomunikasi secara langsung, cepat dan tepat.

Menyediakan Layanan Pelanggan

Jika dikaitkan dengan bisnis, chatting juga bisa dijadikan sebagai media komunikasi dan layanan pelanggan. Salah satu platform yang populer dan handal untuk ini adalah Whatsapp Business API. 

Menjalin Hubungan Sosial

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa chatting bisa membuka kita pada hubunan sosial yang lebih luas lagi. Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita bisa memanfaatkan ini untuk koneksi dan jaringan.

Memperluas Jaringan Sosial

Poin yang satu ini masih berhubungan erat dengan poin sebelumnya kami jelaskan. Namun pada intinya, manfaatkan chatting dan aplikasinya untuk bisa memperluas jaringan sosial anda.

Sebagai Media Hiburan

Aplikasi chatting juga bisa berfungsi sebagai sarana untuk hiburan atau entertainment. Anda pernah lihat kan orang yang tersenyum atau tertawa sendiri ketika sedang chatting di handphone?

Bagikan: