Mengenali Fungsi Whatsapp Business API untuk Kepentingan Bisnis


Pada kesempatan yang baik ini, izinkan kami untuk sharing informasi mengenai beberapa fungsi dari Whatsapp API untuk kepentingan bisnis.

Tentu saja tulisan ini juga membahas mengenai hal-hal lain seputar Whatsapp API yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi atau rujukan.

So, langsung saja kita simak bersama info lengkapnya berikut ini.

image for Mengenali Fungsi Whatsapp Business API untuk Kepentingan BisnisSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Kenalan Dulu Dengan Whatsapp Business API

Sebelum kita membahas mengenai fungsi Whatsapp Business API untuk kepentingan bisnis, alangkah baiknya kita mengenali dulu mengenai WA API itu sendiri, oke!

API merupakan singkatan dari Application Programming Interface, ini merupakan sekumpulan kode berupa fitur, sistem atau aplikasi yang terintegrasi dengan suatu platform seperti Whatsapp.

Whatsapp Business API ini hadir dengan tujuan mempermudah perusahaan untuk bisa berkomunikasi bisnis dengan para pelanggannya dengan efektif dan efisien.

Whatsapp Business API menyediakan berbagai macam fitur canggih untuk perusahaan seperti centang biru (verified), sistem customer service, sistem customer relationship management, dll.

Perlu untuk diketahui bahwa WA API ini dibuat untuk bisnis perusahaan, jadi tentu fitur-fiturnya berbeda dengan WA Personal atau bahkan WA Business sekalipun.

Fungsi Whatsapp Business API

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Whatsapp Business API, sekarang kita lanjutkan mengenai fungsi dari Whatsapp Business API itu.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari penggunaan Whatsapp Business API yang perlu untuk kita ketahui bersama, lets check this out:

Sebagai Asisten Virtual

Whatsapp Business API menyediakan fitur chatbot yang tugasnya sebagai asisten virtual, dengan fitur yang satu ini pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan akan di jawab dengan cepat.

Untuk konten jawaban dan bahasa yang digunakan bisa diatur sedemikian rupa sehingga dapat menjawab apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Fitur powerfull yang satu ini bersifat otomatis sehingga difungsikan untuk menjawab pertanyaan pelanggan 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

Integrasi dengan CRM Perusahaan

CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management dimana ini merupakan strategi perusahaan untuk menjalin hubungan dengan pelanggan agar mereka bisa loyal.

Whatsapp Business API mampu berintegrasi dengan CRM perusahaan sehingga database yang masuk bisa diolah, dianalisis dan dikeloka guna meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Fitur yang satu ini merupakan idaman perusahaan karena bisa menghasilkan keuntungan tanpa biaya akuisisi pelanggan yang ada dalam dunia pemasaran.

Memberikan Update kepada Pelanggan

Salah satu fitur WA API yang juga sangat fungsional bagi perusahaan adalah sistem customer service dimana salah satunya bisa memberikan update kepada para pelanggannya.

Update yang dimaksud disini adalah bisa seputar transaksi atau hal-hal lainnya yang berhubungan dengan bisnis sehingga pelanggan tahu berita-berita seputar perusahaan.

Tentu saja hal ini bisa meningkatkan kepuasan pelanggan karena pelanggan merasa dilibatkan dalam hal-hal seputar bisnis termasuk kalau pelanggan sedang mencari solusi atas masalahnya.

Mempermudah Transaksi Pembayaran

Salah satu fungsi hadirnya Whatsapp Business API ini adalah untuk mempermudah proses pembayaran dari setiap transaksi yang berlaku.

Hal ini dikarenakan WA Business API sudan menyediakan fitur-fitur yang lengkap, mudah digunakan dan tentunya terjamin keamanannya.

Hal-hal semacam ini membuat pelanggan mengalami customer experience yang menarik sehingga bukan tidak mungkin akan selamanya menjadi pelanggan.

Program Loyalitas yang Menguntungkan

Fitur yang tidak kalah pentingnya dalam Whatsapp Bisnis API ini adalah program loyalitas yang dibuat oleh perusahaan untuk pelanggan-pelanggannya.

Perusahaan dan pelanggan sama-sama diuntungkan, pelanggan mendapatkan reward dan perusahaan mendapatkan pelanggan yang loyal.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pelanggan loyal merupakan idaman perusahaan, berkontribusi dalam memberikan profit kepada bisnis tanpa adanya biaya akuisisi pelanggan.

Bagikan: