Apa yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mendaftar Menjadi Pengguna Whatsapp Business API?


Semakin hari semakin banyak bisnis yang menyadari bahwa platform Whatsapp sangatlah penting sebagai media komunikasi mereka dengan para pelanggannya.

Untuk bisnis dengan skala menengah ke atas yang memiliki banyak pelanggan perlu mengupgradenya dengan Whatsapp Business API agar komunikasi menjadi semakin efektif dan efisien.

Nah, sebelum itu anda perlu untuk mengetahui beberapa hal sebelum mendaftar menjadi pengguna dari platform Whatsapp Business API.

Untuk lebih detailnya mengenai hal ini, silahkan simak ulasan yang berikut ini sampai selesai.

Seberapa Perlu Bisnis Anda Menggunakan Whatsapp Business API?

Tentu penting bagi anda untuk mengetahui seberapa perlu bisnis anda menggunakan Whatsapp Business API, ini bisa menjadi dasar untuk anda menggunakan platform tersebut atau tidak.

Whatsapp Business API ini dibuat dengan tujuan menjadikan komunikasi antara perusahaan dengan para pelanggannya menjadi semakin efektif dan efisien.

Whatsapp Business API mengakomodir berbagai macam fitur, sistem dan aplikasi yang sangat membantu perusahaan seperti verified badge, blast message, sistem CS, sistem CRM, dan lainnya.

Secara umum, Whatsapp Business API ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan dengan skala menengah ke atas yang memiliki banyak sekali pelanggan.

Namun platform ini juga digunakan oleh lembaga-lembaga yang sifatnya non-profit seperti lembaga pemerintahan, institusi pendidikan, kelompok relawan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apa yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mendaftar Menjadi Pengguna Whatsapp Business API?

Whatsapp Business API sangat berbeda dengan Whatsapp Personal bahkan Whatsapp Business sekalipun, tentunya anda perlu persiapan ketika hendak ingin menggunakannya.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus anda ketahui sebelum mendaftar menjadi pengguna dari Whatsapp Business API, silahkan disimak baik-baik poin-poinnya berikut ini.

Jendela Pesan 24 Jam

Salah satu hal yang perlu untuk anda ketahui sebelum mendaftar menjadi pengguna Whatsapp Business API adalah ketentuan mengenai jendela pesan 24 jam (24 hours messaging window)

Maksudnya bisnis harus menanggapi pesan yang dikirim oleh pelanggan dalam waktu 24 jam, jika lebih dari itu maka jendela akan ditutup dan bisnis tidak bisa lagi menanggapinya.

Ketentuan Biaya

Berbeda dengan Whatsapp Personal dan Whatsapp Business Biasa yang notabene gratis, platform Whatsapp Business ini tidak gratis alias dikenakan biaya.

Ketentuan biaya ini ditentukan berdasarkan 4 kategori yang disesuaikan dengan negara, baik itu pelaku bisnis maupun pelanggan yang memulai percakapan.

Tidak Bisa Telpon dan Percakapan dalam Grup

Perlu untuk anda ketahui bahwa dalam platform Whatsapp Business API ini tidak bisa melakukan panggilan dan juga percakapan dalam grup.

Ini merupakan salah satu yang membedakan juga dengan Whatsapp Personal dan Whatsapp Business Biasa yang banyak dari kita gunakan.

Daftar Melalui Partner Resmi

Hal lainnya yang perlu untuk anda ketahui sebelum mendaftarkan menjadi pengguna Whatsapp Business API adalah mengenali dan mencari tahu mengenai partner-partner resmi dari Whatsapp.

Ini dikarenakan untuk menjadi pengguna dari Whatsapp Business APi harus mendaftar kepada Business Service Provider (BSP) yang ditunjuk oleh pihak Whatsapp.

Kebijakan Whatsapp

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk anda perhatikan sebelum menjadi pengguna dari layanan Whatsapp Business API adalah peraturan atau kebijakan yang berlaku dari pihak Whatsapp.

Sebaiknya anda membaca dan menyimak dengan baik apa saja peraturan-peraturan atau kebijakan-kebijakan yang diatur oleh pihak Whatsapp.

Bagikan: