Kelebihan Penggunaan API dalam Pengelolaan Hubungan dengan Pelanggan


Pada kesempatan yang baik ini izinkan kami untuk berbagi informasi mengenai kelebihan dari penggunaan Whatsapp Business API dalam pengelolaan hubungan dengan pelanggan.

Semoga apa yang kami sajikan dalam tulisan kali ini bisa menjadi referensi atau rujukan dalam penggunaan Whatsapp Business API untuk CRM.

So, langsung saja kita simak bersama info lengkapnya yang berikut ini.

image for Kelebihan Penggunaan API dalam Pengelolaan Hubungan dengan Pelanggan

Sumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Sekilas Mengenai Whatsapp Business API

Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai kelebihan dari penggunaan API Whatsapp, ada baiknya kita mengenali Whatsapp Business API itu sendiri.

Kita juga perlu tahu bahwa API merupakan singkatan dari Application Programming Interface yang mana ini merupakan fitur, sistem atau aplikasi yang bisa diintegrasikan dengan platform Whatsapp.

Whatsapp Business API ini memungkinkan sebuah sistem terintegrasi dengan aplikasi WA yang mana tujuannya adalah mempermudah komunikasi perusahaan dengan pelanggan supaya lebih efektif dan efisien.

Beberapa fitur yang ada berbeda dengan Whatsapp Business biasa seperti misalnya centang hijau (verified account), manajemen kontak, sistem CRM, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada umumnya, pengguna Whatsapp Business API ini adalah perusahaan-perusahaan skala menengah ke atas yang ingin menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi.

Kelebihan Penggunaan Whatsapp Business API untuk CRM

Salah satu fitur yang banyak digunakan oleh perusahaan dalam Whatsapp Business API ini adalah sistem CRM (Customer Relationship Management).

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari penggunaan Whatsapp Business API dalam pengelolaan hubungan dengan pelanggan bisnis.

Centang Hijau (Verified Account)

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa Whatsapp Business API menyediakan centang hijau (verified account) sebagai bentuk verifikasi atas identitas perusahaan.

Dengan fitur sederhana ini, pelanggan menjadi lebih percaya dengan akun WA bisnis perusahaan tersebut sehingga akan mudah untuk menerima update informasi yang diberitakan.

Kemudahan Integrasi

Salah satu hal yang membuat Whatsapp Business APi ini banyak dipakai perusahaan-perusahaan adalah kemudahan integrasi dengan sistem-sistem lainnya.

Salah satunya adalah sistem CRM yang dibuat perusahaan untuk bisa menjalin hubungan baik kepada para pelanggannya sehingga akan lebih loyal kedepannya.

Mempermudah Penggunaan

Salah satu hal yang begitu membantu bisnis adalah penyimpanan data pelanggan secara otomatis, sehingga mempersingkat waktu proses data yang diperlukan.

Dalam hubungannya dengan pelanggan, database ini sangatlah penting. Perusahaan harus bisa mengolah dan mengelola data ini menjadi profitabilitas.

Blast Pesan

Blast pesan yang dimaksud disini adalah proses menyebarluaskan pesan kepada para pelanggan hanya dengan satu klik saja.

Blast pesan tidak dibuat dengan sembarangan dan harus dipikirkan matang-matang supaya ratio dibacanya besar dan tidak dinggap sebagai spam.

Mudah untuk Dikelola

Fitur yang satu ini begitu mudah untuk dikelola karena hanya perlu satu nomor aktif saja. Jadi tidak perlu banyak nomor untuk banyak admin yang bertugas.

Selain itu, data yang masuk juga akan mudah dilacak dan riwayat percakapan akan tersingkronisasi. Sehingga perusahaan akan semakin mudah menjalin hubungan dengan pelanggan.

Bagikan: