Mengenali Kelebihan Whatsapp Business API untuk Jualan Online


Tentu anda tahu kalau platform Whatsapp banyak digunakan sebagai media untuk berjualan online, iya kan? Meta juga punya Whatsapp Business API yang diperuntuhkan untuk perusahaan menengah ke atas seperti bisnis anda.

Nah pada kesempatan yang baik ini, kami akan share kepada anda semua mengenai kelebihan-kelebihan dari Whatsapp Business API ini, khsusunya untuk bisnis-bisnis online.

So, langsung saja kita simak bersama ulasan lengkapnya yang berikut ini, check this out:

image for Mengenali Kelebihan Whatsapp Business API untuk Jualan OnlineSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Apa yang Dimaksud dengan Whatsapp Business API?

Tentu baik untuk anda mengetahui mengenai Whatsapp Business API itu sendiri sebelum lanjut kepada pembahasan lengkap mengenai kelebihan-kelebihannya.

Sebelumnya anda juga perlu tahu apa itu API, oke? API merupakan singkatan dari Application Programming Interface yang merupakan sekumpulan kode berupa fitur, sistem atau aplikasi.

Jadi, Whatapp Business API ini adalah fitur-fitur, sistem-sistem, atau aplikasi-aplikasi dari pihak ke tiga (luar) yang terintegrasi dengan platform Whatsapp dari Meta.

Nah tujuannya dari ini adalah untuk memudahkan komunikasi bisnis antara perusahaan dengan para pelanggannya yang terjadi dalam platform Whatsapp menjadi semakin efektif dan efisien.

Pastinya ada banyak sekali aplikasi-aplikasi yang begitu powerful dan sangat bermanfaat bagi perusahaan yang digunakan dalam platform Whatsapp ini seperti misalnya:

  • Centang hijau (verified badge)
  • Sistem Customer Relationship Management
  • Sistem Customer Service
  • Sistem Analisis
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya

Kelebihan Whatsapp Business API untuk Jualan Online

Setelah mengetahui lebih jauh seputar Whatsapp Business API, saatnya untuk anda juga mengetahui mengenai kelebihan-kelebihannya yang bisa dimanfaatkan dalam jualan online.

Dan berikut ini adalah beberapa poin mengenai kelebihan-kelebihan dari Whatsapp Business API untuk mengoptimasi jualan online anda, silahkan disimak baik-baik berikut ini:

Profesional dan Lebih Terpercaya

Salah satu fitur powerful dari Whatsapp Business API yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan adalah verified bagde atau yang lebih dikenal dengan centang hijau.

Fitur ini membuat perusahaan menjadi lebih profesional dan terpercaya di mata para pelanggannya, khususnya mereka-mereka yang baru tahu dengan perusahaannya.

Responsif Kepada Pelanggan

Salah satu strategi yang sudah seharusnya dijalanan perusahaan dalam menggaet pelanggan adalah dengan senantiasa responsif terhadap apa-apa yang datangnya dari pelaggan.

Platform Whatsapp menyediakan fitur chatbot yang bisa membalas pesan-persan yang masuk dari pelanggan dengan cepat, tentu ini juga bisa dikastemisasi dengan pesan-pesan yang lebih personal.

Promosi dan Pemasaran

Sudah menjadi rahasia umum bahwa platform Whatsapp ini banyak digunakan sebagai media pemasaran, khususnya promosi perusahaa kepada para pelanggannya.

Untuk hal ini perusahaan bisa mengoptimasikan fitur broadcast atau blast yang sudah disediakan oleh pihak Whatsapp untuk menyebarkan promosi-promosi yang sudah disiapkan.

Kemudahan Integrasi Sistem

Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Whatsapp Business API adalah kemudahan dalam hal intergasi sistem yang dimiliki oleh pihak ke 3.

Sistem-sistem yang umumnya terintegrasi dengan platform Whatsapp seperti sistem CS, sistem CRM, sistem analitik, dan masih banyak lagi sistem yang lainnya.

Kemudahan dari Sisi Aksesibilitas

Kemudahakn dari sisi aksesibilitas juga merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki Whatsapp Business API, anda bisa mengaksesnya dari manapun seperti HP, PC, dan juga laptop.

Selain itu, Whatsapp Business API juga bisa diakses oleh banyak agent (admin) dalam satu waktu. Tentu saja ini bagus untuk perusahaan-perusahaan yang skalanya menengah ke atas.

Sistem Keamanan yang Terjamin

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin mudahkan kita dalam beraktiftas. Namun sayangnya, hal itu juga yang membuat tingkat kriminalitas di dunia online (cyber crime) semakin tinggi.

Whatsapp Business API memberikan jamian keamanan supaya komunikasi bisnis bisa aman dan lancar. Hal ini dimulai dari pendaftaran yang relatif ketat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Feedback dari Sistem Analisis

Kelebihan yang tidak kalah pentingnya dari Whatsapp Business API ini adalah feedback yang diberikan oleh sistem analisis mengenai kinerja, konten, penjadwalan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Umpan balik ini bisa dijadikan sebagai masukan dalam proses pengambilan keputusan perusahaan selanjurnya. Tentu saja feedback dari sistem analisis ini berupa data-data yang valid dan bisa dipertanggung jawabkan.

Bagikan: