Betapa Ruginya Jika Perusahaan Anda Tidak Menggunakan Whatsapp Business API


Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan Whatsapp Business API dalam berkomunikasi bisnis dengan para pelanggannya.

Nah pada kesempatan kali ini izinkan kami untuk berbagi infromasi betapa ruginya jika perusahaan anda tidak menggunakan Whatsapp Business API.

Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, silahkan simak baik-baik ulasan yang berikut ini.

image for Betapa Ruginya Jika Perusahaan Anda Tidak Menggunakan Whatsapp Business APISumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Penggunaan Whastapp Business API yang Semakin Meningkat

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa komunikasi bisnis antara perusahaan dengan para pelanggan itu sangat penting. Oleh sebab itu, diperlukan media yang handal untuk hal itu.

Salah satu platform yang banyak digunakan untuk berkomunikasi adalah Whatsapp dari Meta. Dan saat ini penggunaan Whatsapp Business API bagi perusahaan semakin meningkat.

API sendiri merupakan sebuah singkatan dari Application Programming Interface yang merupakan sebuah fitur, sistem atau aplikasi yang terintegrasi dengan platform Whatsapp.

Jadi intinya perusahaan memiliki fitur, sistem atau aplikasi yang terintegrasi dengan platform Whatsapp supaya memudahkan komunikasi dengan para pelanggannya secara efektif dan efisien.

Beberapa fitur yang banyak dipakai perusahaan dalam hal ini adalah centang hijau, blast chat, sistem CS, sistem CRM, sistem analisis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Betapa Ruginya Jika Perusahaan Anda Tidak Menggunakan Whatsapp Business API

Tentu saja ada banyak sekali perusahaan yang mendapatkan keuntungan dengan menggunakan Whatsapp Business API, salah satunya adalah pelanggan menjadi semakin loyal.

Dan kali ini kami akan sharing poin-poin yang menjadi kerugian perusahaan jika tidak menggunakan Whatsapp Business API sesegera mungkin:

Pelayanan kepada Pelanggan Menjadi Lambat

Salah satu keunggulan yang bisa didapatkan dengan menggunakan Whatsapp Business API adalah komunikasi menjadi lebih cepat dengan fitur ChatBot.

Pelanggan tidak perlu untuk menunggu lama-lama untuk mendapatkan sebuah informasi sehingga mereka akan menjadi senang berkomunikasi dengan perusahaan.

Berbeda jika anda tidak menggunakan Whatsapp Business API, pelayanan (komunikasi) menjadi semakin lambat sehingga pelanggan menjadi tidak puas bahkan bisa berpindah ke brand lain.

Interaksi dengan Pelanggan Menjadi Sedikit (Kurang)

Interaksi dengan pelanggan menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan, ini bisa membuat hubungan perusahaan dengan para pelanggan menjadi semakin erat dan bisa membuat mereka loyal

Whatsapp Business API mengakomodir fitur-fitur yang bisa membuat interaksi antara perusahaan dengan para pelanggan menjadi semakin cair alias terjalin dengan baik.

Tentu menjadi sebuah kerugian jika tidak menggunakan Whatsapp Business API, komunikasi bisa tidak maksimal yang berdampak kepada penurunan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

Sistem Keamanan Kurang Terjamin

Sistem keamanan merupakan bagian yang penting dalam sebuah platform. Oleh sebab itu, perlu dibuat ketat supaya tidak terjadi kebocoran data dan penipuan.

Whatsapp Business API yang merupakan bagian dari Meta sudah menjamin hal itu, diantaranya dengan proses registrasi, enkripsi end-to-end, dan juga two-factor-authentication.

Tentu berbeda jika kamu tidak menggunakan platform dari Whatsapp Business API ini, bisa jadi sistem keamanannya kurang ketat dan tidak terjamin.

Waktu yang Diperlukan Lebih Banyak

Poin yang berikut ini berkaitan erat dengan poin yang pertama yakni Whatsapp Business API bisa menjadikan pelayanan menjadi lebih cepat.

Hal ini karena platform ini bisa digunakan oleh banyak agent (admin) dan juga memiliki sistem routing sehingga pesan-pesan yang masuk bisa dibagian ke tiap-tiap admin secara merata.

Tentu saja berbeda jika anda tidak menggunakan Whatsapp Business API, waktu yang diperlukan akan lebih banyak sehingga ini akan membuat pelanggan menjadi kesal.

Biaya yang Dikeluarkan Lebih Banyak

Salah satu kerugian ketika anda tidak menggunakan platform dari Whatsapp Business API adalah biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak lagi.

Hal ini karena platform yang satu ini bisa dijalankan oleh 1-2 admin saja, tentu saja ini sangat bisa dalam menekan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Tentu saja penghematan ini merupakan sesuatu yang diperlukan oleh perusahaan. Semakin banyak biaya yang bisa dihemat, semakin tinggi profit yang didapat perusahaan.

Bagikan: