Mengenali Kerugian dalam Menggunakan Whatsapp Business API


Selain terdapat keuntungan dalam penggunaannya, bisnis juga harus mewaspai kerugian-kerugian yang bisa ditimbulkan ketika menggunakan Whatsapp Business API.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi yang lengkap terkait dengan kerugian-kerugian dalam menggunakan Whatsapp Business API.

So, silahkan simak ulasan kami yang berikut ini sampai selesai ya!

image for Mengenali Kerugian dalam Menggunakan Whatsapp Business APISumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Sekilas Tentang Whatsapp Business API

Tentu baiknya kita mengulas mengenai Whatsapp Business API itu sendiri sebelum melanjutkan terkait dengan kerugian-kerugian yang dapat dialami ketika menggunakan aplikasi tersebut.

API sendiri adalah singkatan dari Application Programming Interface, ini merupakan sekumpulan kode berupa fitur, sistem atau aplikasi yang terintegrasi dengan platform Whatsapp dari Meta.

Hadirnya Whatsapp Business API ini tentu dengan tujuan, salah satunya adalah untuk membuat komunikasi bisnis antara perusahaan dengan para pelanggannya menjadi semakin efektif dan efisien.

Ada berbagai macam fitur dari Whatsapp Business API ini yang powerful digunakan perusahaan seperti centang hijau, sistem CS, sistem CRM, sistem analisis, dan lainnya.

Perlu untuk disadari bahwa Whatsapp Business API ini pas atau cocok untuk digunakan oleh perusahaan-perusahaan menengah ke atas, bukan untuk UKM apalagi pribadi.

Kerugian-kerugian ketika Menggunakan Whatsapp Business API

Selain berbagai macam keuntungan, anda juga perlu untuk mewaspadai kerugian-kerugian yang bisa ditimbulkan ketika menggunakan Whatsapp Busines API.

Berikut ini adalah beberapa poin dari kerugian-kerugian ketika menggunakan Whatsapp Business API, silahkan disimak baik-baik poin per poinnya.

Nomor Tidak Bisa Diganti Selamanya

Perlu untuk diperhatikan bahwa no bisnis yang anda daftarkan untuk digunakan dalam Whatsapp Business API tidak bisa diganti selamanya.

Jadi pastikan anda menggunakan no bisnis yang sudah dipertimbangkan matang-matang. Selain itu, pastikan juga no tersebut tetap aktif ketika digunakan.

Perlu untuk menjadi catatan bahwa perubahan no bisnis bisa membuat hubungan perusahaan dengan para pelangan menjadi terganggu.

Nama Akun Bisnis Tidak Bisa Diubah

Perlu untuk dicermati bahwa nama akun bisnis yang sudah didaftarkan itu sifatnya sudah permanen dan tidak bisa diubah sampai kapanpun.

Tentu saja ini menjadi sebuah kerugian jika sewaktu-waktu perusahaan berganti nama sedangkan nama akun bisnisnya dalam Whatsapp Business API tidak bisa diubah.

Oleh sebab itu, perlu untuk dipertimbangkan secara matang dalam menentukan nama akun bisnis karena bisnis anda akan terikat dengan nama tersebut selamanya.

Nomor Whatsapp Business API Tidak Bisa Digunakan Whatsapp Messenger

Salah satu kerugian dalam menggunakan Whatsapp Business API adalah no bisnis tersebut tidak bsa digunakan untuk aktifitas seperti layaknya Whatsapp Messeger.

No Whatsapp Business API tidak bisa menjadi peserta dalam grup seperti yang bisa kita lakukan jika kita menggunakan Whatsapp Messeger sebagaimana biasanya.

Tentu saja ini menjadi kerugian karena no bisnis tidak bisa menjangkau konsumen yang potensial dari peserta grup Whatsapp Messeger yang ada.

Potensi Terblokir Jika Dianggap SPAM

Perlu untuk diketahui bersama bahwa pengiriman pesan yang dilakukan dengan Whatsapp Business API memiliki keunggulan karena jumlahnya bisa banyak.

Namun hal ini juga harus perlu diperhatikan karena jika penerima mengganggapnya spam dan dikirim terlalu banyak maka kemungkinan pemblokiran bisa terjadi.

Namun ada bisa mengantisipasi hal ini supaya tidak terjadi dengan mengelola frekuensi dan isi pesan dengan cermat dan hati-hati.

Batasan dalam Percakapan

Salah satu kerugian yang dihadapi para pengguna Whatsapp Business API adalah batasan dalam percakapan, pengguna tidak bisa langsung broadcast atau blast dalam jumlah yang massive.

Dalam dunis bisnis, kita mengenal dengan istilah “time is money” atau “waktu adalah uang” yang mana bisnis tentu saja ingin bisa berkomunikasi dengan pelanggan secara massive sesegera mungkin.

Pengguna juga sudah mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk bisa menggunakan Whatsapp Business API, namun tetap saja ada pembatasan di awal-awalnya.

Bagikan: