Kriteria Wajib Ketika Anda Memilih Provider Whatsapp Business API


Ketika menggunakan suatu layanan pastikan anda memilih yang terbaik, begitu juga dengan provider Whatsapp Business API.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan sharing informasi yang komprehensif seputar kriteria wajib yang perlu anda jalankan saat memilih provider Whatsapp Business API.

So, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini dengan baik-baik.

image for Kriteria Wajib Ketika Anda Memilih Provider Whatsapp Business APISumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Definisi dari Whatsapp Business API

Tentu anda perlu untuk mengetahui detail mengenai definisi dari Whatsapp Business API itu sendiri sebelum masuk ke dalam pembahasan seputar kriteria wajib ketika anda menggunakan provider platform tersebut.

Kata API merupakan akronim dari Application Programming Interface yang mana ini adalah sekumpulan kode berupa fitur, sistem atau aplikasi yang terintegrasi dengan platform Whatsapp.

Jadi, Whatsapp Business API ini adalah kode-kode yang berbentuk fitur, sistem atau aplikasi dari pihak ketiga (luar) yang terintegrasi dengan platform Whatsapp dari Meta.

Tujuan dari Whatsapp Business API ini adalah untuk menjadikan komunikasi antara perusahaan dengan para pelanggannya menjadi semakin efektif dan efisien.

Fitur-fitur dari Whatsapp Business API ini yang banyak dioptimalkan oleh perusahaan-perusahaan antara lain verified badge, blast message, sistem CS, sistem CSR, sistem analisis, dan lainnya.

Kriteria Wajib Ketika Anda Memilih Provider Whatsapp Business API

Setelah tahu mengenai definisi dari Whatsapp Business API, saatnya untuk anda mengetahui dengan detail terkait kriteria wajib dalam memilih provider platform dari Meta tersebut.

Berikut ini adalah beberapa poin dari kriteria wajib ketika anda memilih provider Whatsapp Business API yang perlu untuk anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

Lisensi Resmi

Kriteria wajib ketika anda memilih provider Whatsapp Business API adalah memiliki lisensi resmi dari Whatsapp sehingga memenuhi standar dan persyaratannya terpenuhi.

Layanan yang Prima

Pastikan penyedia layanan Whatsapp Business API yang anda pilih memiliki layanan yang prima sehingga ini bisa membantu operasional bisnis yang anda jalankan.

Keahlian dan Pengalaman

Keahlian dan pengalaman ini sangat penting dalam menentukan provider Whartsapp Business API, anda bisa lihat dari portofolio mereka di media sosial atau halaman websitenya.

Jaminan Keamanan Data

Anda harus memilih penyedia layanan yang memberikan jaminan keamanan data, termasuk perihal enkripsi data dan juga kemungkinan serangan siber.

Dukungan Teknis

Jangan lupa untuk mencari tahu perihal dukungan teknis dari provider tersebut, pastikan mereka responsif dalam menanggapi pertanyaan, masalah, permintaan bantuan, dan semisalnya.

Ketersediaan dan Keandalan layanan

Kriteria wajib lainnya dari provider Whatsapp Business API adalah harus memiliki ketersediaan dan keandalam dalam hal layanan dari sisi sistem dan juga infrastrukturnya.

Kemudahan Integrasi

Anda harus bisa memastikan penyedia layanan Whatsapp Business API tersebut memberikan kemudahan dalam hal intergrasi sistem sehingga aktifitas akan berjalan dengan lancar.

Kustomisasi Sistem

Kustomisasi sistem ini merupakan hal yang terbilang tricky karena harus disesuaikan dengan bisnis yang ada, nah anda perlu untuk mencari provider yang bisa mensupport hal semacam ini.

Pembaruan dan Pengembangan

Perlu untuk diketahui bersama bahwa Platform Whatsapp senantiasa melakukan pembaruan dan pengembangan. Untuk itu perlu penyedia layanan yang align dengan hal ini.

Biaya dan Skalabilitas

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah terkait biaya dan skalabilitas dimana harus menyesuaikan dengan budget dan progress dari bisnis yang anda jalankan.

Bagikan: