Bagaimana Langkah untuk Mendapatkan Whatsapp Business API?


Tulisan kami yang satu ini akan membahas mengenai langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan Whatsapp Business API.

Semoga tulisan yang kami buat ini bisa menjadikan rujukan atau referensi untuk anda membuat sistem WA Bisnis API tersebut.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama informasi lengkapnya berikut ini.

image for Bagaimana Langkah untuk Mendapatkan Whatsapp Business API?Sumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Apa Itu Whastapp Business API?

Sebelum kita membahas mengenai bagaimana langkah-langkah yang perlu dikelakukan untuk mendapatkan akses Whatsapp Business API, ada baiknya kita mengetahui definisnya dulu.

API itu sendiri merupakan sebuah singkatan dari Application Programming Interface yang merupakan serangakaian kode dari fitur, sistem atau aplikasi yang teritegrasi dengan Whastapp.

Whastapp Business API ini dibuat dengan tujuan agar komunikasi bisnis antara perusahaan dengan para pelanggannya menjadi lebih efektif dan efisien.

Tentu saja ada banyak sekali fitur dari aplikasi ini yang begitu memudahkan perusahaan seperti verified bagde, sistem customer service, firur customer ralationship management, dll.

Satu yang pasti bahwa Whastapp Business API ini jelas berbeda dengan platform Whatsapp yang kita gunakan, bahkan dengan Whatsapp Business sekalipun.

Langkah Membuat Whatsapp Business API

Setelah kita mengetahui dengan jelas seputar Whastapp Business API, saatnya lanjut kepada pembahasan seputar langkah-langkah untuk mendapatkannya.

Berikut ini merupakan langkah-langah yang bisa dilakukan oleh bisnis anda untuk mendapatkan akses Whastapp Business API.

Mempersiapkan Kebutuhan Bisnis

Sebaiknya bisnis anda harus tahu dulu kebutuhan bisnis apa yang bisa disupport oleh Whatsapp API ini misalnya seperti sistem customer service, sistem customer relationship management, dll.

Setelah itu baru deh persiapkan kebutuhan dalam registrasinya seperti bisnis yang sah, no telpon yang valid, teknologi yang tersupport dengan WA, dll.

Cari Partner Resmi dari Whatsapp

Setelah kebutuhan bisnis sudah tersiapkan dengan baik, maka selanjutnya adalah mencari partner resmi dari pihak Whastapp.

Partner resmi ini akan membantu anda dalam proses registrasi hingga dapat terintegrasi dengan aplikasi Whatsapp. AlatWA bisa menjadi partner anda untuk terintegrasi dengan Whastapp.

Konsultasikan Bisnis Anda

Ketika bertemu dengan partner resmi dari Whastapp, jangan sungkan untuk mengkonsultasikan kebutuhan bisnis anda kepada mereka.

Partner resmi Whatsapp tersebut akan membantu anda untuk memahami berbagai fitur dan keunggulan dari Whatsapp Business API tersebut. 

Daftarkan Bisnis Anda

Jika setelah konsultasi anda merasa bisnis memerlukan integrasi dengan Whatsapp Business API, maka segera daftarkan kepada partner Whatsapp itu.

Disana anda akan mengisi form pendaftaran dan informasi-informasi bisnis yang diperlukan. Tentu saja dalam prosesnya memerlukan verifikasi dan validasi dari bisnis anda.

Integrasikan dengan Whatsapp Business API

Langkah terakhir adalah melakukan integrasi sistem-sistem yang ada di dalam bisnis dengan fitur-firut yang ada di platform Whatsapp.

Proses ini melibatkan banyak hal seperti pengaturan akun, pemberian akses API, konfigurasi untuk perpesan, dan yang lainnya.

Bagikan: