Manfaat Aplikasi Chatting untuk Usaha Mikro Kecil Menengah


Disadari atau tidak, aplikasi chatting yang biasa anda gunakan bisa digunakan untuk mengoptimalkan bisnis yang sedang dijalankan.

Pada kesempatan kali ini, izinkan kami untuk sharing informasi mengenai aplikasi chatting dan manfaatnya untuk UMKM.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama ulasan lengkapnya berikut ini.

image for Manfaat Aplikasi Chatting untuk Usaha Mikro Kecil MenengahSumber Gambar dari situs Pixabay

Aplikasi Chatting

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai manfaatnya, alangkah lebih baik untuk anda mengetahui lebih dalam lagi mengenai pengertian dari aplikasi chatting itu sendiri.

Pengertin aplikasi chatting adalah sebuah platform yang memungkinkan pengguna untuk saling berkomunikasi secara langsung melalui teks, suara, gambar dan lainnya dengan menggunakan aplikasi yang sama , dimanapun mereka berada.

Aplikasi chatting ini sudah mengalami perkembangan yang luar biasa, dulu ditahun 1990-an atau 2000-an kita hanya bisa berkomunikasi dalam aplikasi tersebut hanya berupa teks saja.

Namun saat ini berbagai macam aplikasi chatting menyedikan fitu-fitur yang membuat alur komunikasi semakin menarik seperti teks, telpon, voice note, status, grup, komunitas, dll.

Untuk pilihan aplikasi chattingnya, kita ditawarkan oleh berbagai macam platform yang keren-keren seperti Whatsapp, Telegram, WeChat, Line, Kakao Talk, Facebook Messeger dan masih banyak lagi.

Diantara sekian banyak aplikasi chatting yang ada dewasa ini, yang paling populer dan banyak digunakan penggunanya adalah Whastapp yang merupakan platform milik Meta.

Manfaat Aplikasi Chatting untuk Usaha Mikro Kecil Menengah

Aplikasi chatting seperti Whatsapp tidak hanya dimanfaatkan oleh penggunanya secara personal saja, namun juga bisa dioptimalkan untuk kepentingan bisnis.

Misalnya saja untuk Usaha Mikro Kecil dan Menegah bisa memanfaatkan Whatsapp Business, namun kalau bisnisnya sudah skala menengah ke atas bisa upgrade ke Whatsapp Business API.

Berikut ini adalah poin-poin dari manfaat aplikasi chatting untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang perlu untuk anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

Memaksimalkan Pelayanan Pelanggan

Dengan aplikasi chatting, bisnis bisa memberikan pelayan yang maksimal kepada para pelanggannya. Khususnya perihal yang membutuhkan respon yang cepat seperti komplain, keluhan dan lainnya.

Platform chatting seperti Whatsapp menyediakan fitur yang bernama ChatBot yang mana bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan yang sudah disiapkan secara terpersonalisasi.

Memenuhi Ekspekstasi Pelanggan

Setiap pelanggan tentu mengharapkan respon yang cepat dari jasa layanan yang sudah dibayarnya. Nah, aplikasi chatting bisa menjawab hal itu dengan fitur-fitur handal yang dimilikinya.

Termasuk dalam hal ini adalah Whatsapp yang bisa menjawab dalam waktu singkat dengan ChatBot. Tentu hal ini bisa membuat pelanggan merasa senang karena lebih diapresiasi.

Meningkatkan Interaksi Pelanggan

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa platform chatting bisa meningkatkan interaksi perusahaan dengan pelanggannya, tidak terkecuali dengan bisnis skala Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Dalam aplikasi tersebut mereka bisa ngobrol dengan pelanggan melalui chat, nelpon, mengomentari status, saling memberikan reaksi di dalam grup atau komunitas, dan masih banyak lagi.

Memudahkan Pelanggan untuk Diarahkan

Dengan aplikasi chatting, UMKM akan semakin mudah dalam mengarahkan pelanggannya seperti membaca informasi seputar usaha tersebut, membeli produk usaha tersebut, dan lainnya.

Mengarahkan pelanggan dengan platform chatting jauh lebih mudah dibandingkan dengan manual, namun kamu harus memperhatikan caranya supaya bisa lebih halus dan tidak memaksa.

Mempelajari Data Pelanggan

Setiap bisnis harus bisa mempelajari data pelanggan, tidak terkecuali dengan UMKM. Jika hal tersebut bisa dioptimalkan, maka penghasilan bisnis akan semakin melesat.

Banyak usaha-usaha yang mengolah data pelanggannya dengan CRM (Customer Relationship Management) dan itu tentu saja berdampak positif bagi usaha-usaha tersebut.

Strategi Pemasaran yang Interaktif

Strategi pemasaran yang interaktif tidak hanya perlu dilakukan perusahaan besar, namun juga UMKM. Hal ini akan membuat pelanggan merasa dihargai dan bukan tidak mungkin akan menjadi loyal.

Aplikasi chatting seperti Whatsapp mengakomodir hal-hal seperti ini, namun kamu harus bisa membuat percakapan yang otentik agar pelanggan merasa nyaman.

Menghemat Biaya Layanan Pelanggan

Salah satu manfaat aplikasi chatting yang bisa dirasakan pelaku UMKM adalah penghematan dari sisi biaya layanan pelanggan.

Sebagamana yang kita ketahui bersama bahwa menghadirkan admin untuk layanan perlu biaya yang tidak sedikit, platform Whatsapp bisa membuat hal ini menjadi semakin efektif dan efiesien.

Bagikan: