Memahami Manfaat Chatting yang Mempermudah Kehidupan Kamu


Disadari atau tidak, chatting merupakan suatu aktifitas yang sering kita lakukan. Namun, terkadang kita belum memahami secara penuh manfaat dari rutinitas yang kita kerjakan tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk sharing secara utuh mengenai berbagai macam manfaat yang bisa kita dapatkan dari aktifitas chatting tersebut.

Untuk lebih lengkapnya mari kita sama-sama simak ulasannya yang satu ini, lets check this out:

image for Memahami Manfaat Chatting yang Mempermudah Kehidupan Kamu

Chatting di Whatsapp

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan seputar manfaat dari chatting dalam kehidupan keseharian kita, ada baiknya kita membahas lebih dalam mengenai chatting di Whatsapp.

Chatting dapat diartikan sebagai aktifitas percakapan yang dilakukan menggunakan media internet, tanpa harus bertatap muka dengan lawan bicaranya.

Nah, saat ini chatting banyak dilakukan melalui platform instant messaging seperti misalnya Whatsapp, Telegram, Facebook Messager, WeChat, Line, SnapChat, KakaoTalk, dll.

Dari sekian banyak aplikasi untuk melakukan aktifitas chatting, Whatsapp merupakan yang paling populer dan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia.

Whatsapp mengakomodir berbagai macam fitur seperti untuk chat tulisan, menelpon, voice note, mengirim dokumen, lokasi, membuat grup, komunitas, status dan masih banyak lagi.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin mempermudah kehidupan manusia, termasuk diantaranya keberadaan Whatsapp.

Manfaat Chatting

Setelah kita mengenali lebih dalam lagi mengenai chatting dalam platform Whatsapp, saatnya untuk kita mengetahui manfaat dari chatting secara umum.

Berikut ini adalah poin-poin yang bisa memperjelas manfaat dari chatting yang membuat kehidupan menjadi lebih mudah, diantaranya adalah sebagai berikut:

Tempat Belajar & Diskusi

Salah satu manfaat yang bisa kita rasakan dari kehadiran aplikasi-aplikasi chatting ini adalah sebagai tempat atau wadah untuk belajar bersama dan saling diskusi.

Bagusnya lagi sekarang platform-platform chatting menghadirkan fitur seperti grup dan komunitas dimana bisa mengakomodir banyak orang untuk saling belajar dan berdiskusi bersama.

Sarana Berkomunikasi

Pastinya kita semua merasakan manfaat dari chatting sebagai sarana untuk berkomunikasi, bisa dengan keluarga, saudara, teman, sahabat, kolega, rekanan, guru, murid, dan lainnya.

Komunikasi pun semakin berwarna karena platform instant messaging tidak hanya menghadirkan bentuk teks saja melainkan juga telpon, voice note, grup, komunitas, status dan masih banyak lagi.

Memperbanyak Pertemanan

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa media untuk chatting itu memiliki banyak sekali pengguna, seperti misalnya saja Whatsapp yang penggunanya lebih dari 3 milyar.

Nah disana kita bisa berteman dengan siapapun namun kamu perlu tahu tata cara dan etikanya, misalnya perkenalan dulu ketika memulai pembicaraan, tidak langsung to the point, dll.

Media untuk Konsultasi

Aplikasi chatting seperti Whatsapp juga bisa dijadikan sebagai media untuk konsultasi, misalnya saja kepada guru untuk pelajaran, dokter untuk masalah kesehatan, psikolog terkait kesehatan jiwa, dll.

Konsultasi merupakan hal yang penting karena informasinya begitu detail dan sifatnya bisa personal. Oleh sebab itu, sebagai pengguna kita harus bisa mengoptimalkan teknologi ini.

Promosi dan Pemasaran

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kehadiran platform-platform chating digunakan untuk kepentingan bisnis atau komersial seperti misalnya promosi dan pemasaran produk.

Tentu hal ini sah-sah saja asalkan dilakukan dalam koridor yang benar. Jika tidak, bukan tidak mungkin malah menjadi “boomerang” untuk bisnis atau perusahaan tersebut.

Bagikan: