Mengenali Manfaat Whatsapp Business API untuk Jualan online


Tulisan kami yang satu ini akan menginformasi secara lengkap mengenai manfaat dari Whatsapp Business API untuk jualan online.

Semoga apa yang kami informasikan kali ini bisa menjadi insight atau refensi anda dalam mengenal Whatsapp Business API lebih dalam lagi.

So, langsung saja kita simak info lengkapnya berikut ini, check this out:

image for Mengenali Manfaat Whatsapp Business API untuk Jualan online

Sumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Pengertian dari Whatsapp Business API

Tentu baik untuk anda mengenali pengertian dari Whatsapp Business API ini sebelum lanjut kepada manfaatnya bagi jualan online.

Ada perlu untuk tahu dahulu bahwa API itu merupakan singkatan dari Application Programming Interface, dimana ini adalah sekumpulan kode yang membentuk aplikasi, sistem atau fitur.

Jadi kita bisa memberikan pengertian Whatsapp Business API adalah sekumpulan kode yang membentuk fitur, sistem atau aplikasi yang terintegrasi dengan platform Whatsapp dari Meta.

Tujuannya adalah untuk mempermudah komunikasi bisnis antara perusahaan dengan para pelanggannya yang terjadi dalam aplikasi Whatsapp.

Komunikasi bisnis antara perusahaan dengan para pelanggannya yang efektif dan efisien akan bisa meningkatkan pendapatan sekaligus menurunkan biaya-biaya.

Manfaat Whatsapp Business API untuk Jualan online

Setelah tadi anda mengetahui seputar pengertian dari Whatsapp Business API, saatnya untuk mengetahui manfaatnya bagi e-commerce.

Berikut ini adalah poin-poin dari manfaat Whatsapp Business API untuk jualan online yang perlu anda ketahui bersama, lets check this out:

Centang Hijau

Salah satu fitur yang bisa dimanfaat dalam Whatsapp Business API ini adalah centang hijau (verified account). Pastinya fitur yang satu ini bisa meningkatkan kredibilitas bisnis dan juga kepercayaan dari pelanggan.

Aksesibilitas

Whatsapp Business API ini bisa diakses oleh banyak pengguna dan perangkat dalam waktu yang bersamaan. Hebatnya, pengguna dan perangkat ini bisa tidak dalam satu area melainkan terpisan jauh.

Kustomisasi Fitur

Manfaat lainnya adalah fitur-fitur bisa di kustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tentu lebih baik untuk konsultasi dengan official Whatsapp Business API untuk mendapatkan referensi akan hal ini.

Broadcast Pesan

Salah satu fitur yang banyak dimanfaatkan oleh pengguna Whatsapp Business API ini adalah broadcast atau blast pesan. Hebatnya, disini pengguna tidak perlu untuk penyimpan daftar no kontak terlebih dulu.

Otomatitasi & Integrasi Pesan

Pengiriman pesan bisa dilakuka secara otomatis walaupun dikirim ke banyak nomor kontak. Selain itu, Whatsapp Business API bisa juga terhubung ke sistem CRM atau sistem-sistem yang dibuat oleh pihak ke tiga lainnya.

Jangkauan Konsumen

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan oleh pengguna adalah menjangkau calon konsumen lebih efisien. Tentu saja ini yang diinginkan perusahaan karena bisa menghemat biaya-biaya yang dikeluarkan.

Interaksi dengan Konsumen

Salah satu hal yang penting dilakukan oleh perusahaan adalah interaksi dengan para pelanggannya. Jika hal ini dilakukan maka pelanggan akan merasa nyaman dan bukan tidak mungkin akan menjadi loyalis.

Konsultasi

Whatsapp Business API memungkinkan perusahaan untuk bisa memberikan layanan selama 24 jam non stop. Hal ini dilakukan untuk membuat pengalaman konsumen menjadi semakin baik.

Respon Cepat

Perusahaan harus bisa merespon pertanyaan, keluhan, dan informasi lainnya dari para pelanggan. Nah Whatsapp Business API ini menyediakan fitur yang bisa mengakomodir hal-hal yang seperti itu.

Strategi Pemasaran

Fungsi lainnya dari Whatsapp Business API bagi pebisnis online adalah sebagai media dalam strategi pemasaran. Tentu saja hal ini dijalankan untuk mendapatkan pelanggan baru sekaligus mempertahakan pelanggan lama.

Bagikan: