Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Whatsapp API? Inilah Penjelasannya


Untuk bisnis meningkatkan performa kinerjanya tentu bisnis memerlukan support system, salah satunya adalah Whatsapp Business API.

Sistem yang terintegrasi dengan platform Whatsapp ini akan mempermudah komunikasi bisnis perusahaan dengan para pelanggannya.

Mau tahu penjelasan lengkapnya mengenai pentingnya Whatsapp API bagi bisnis? Silahkan simak ulasannya yang berikut ini.

image for Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Whatsapp API? Inilah PenjelasannyaSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Sekilas Mengenai Arti dari Whatsapp API

Tentu baik untuk kita mengenali arti dari Whatsapp API itu sendiri sebelum melangkah jauh kepada kegunaannya bagi suatu bisnis.

API adalah singkatan dari Application Programming Interface yang merupakan serangkaian kode berupa fitur, sistem atau aplikasi yang terintegrasi dengan platform Whatsapp.

Kehadiran dari Whatsapp API ini adalah untuk mempermudah alur komunikasi bisnis antara perusahaan dengan para pelanggannya supaya lebih efektif dan efisien.

Banyak sekali fitur-fitur unggulan yang sangat berguna bagi bisnis seperti verified bagde, sistem pelyanan konsumen, sistem manajemen hubungan pelanggan dan lainnya.

Mayoritas pengguna sistem Whatsapp Business API ini adalah perusahaan-perusahaan dengan skala menengan ke atas, walaupun ada juga beberapa bisnis mikro kecil yang memakainya.

Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Whatsapp API?

Setelah kita tahu mengenai arti dari Whatsapp API, saatnya untuk kita juga mengetahui alasan-alasan yang membuat banyak perusahaan menggunakan sistem tersebut.

Intinya, perusahaan-perusahaan menggunakan Whatsapp Business API ini dengan tujuan menjalin komunikasi bisnis dengan pelanggannya supaya lebih efektif dan juga efisien.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa pengguna aplikasi Whatsapp ini ada banyak sekali, menurut data terkini jumlahnya sekitar 2 milyar orang di seluruh dunia.

Oleh karena itu, ini menjadi peluang bagi perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru dengan mengoptimalkan kanal di Whatsapp.

Selain itu, perusahaan juga bisa menjalin hubungan yang lebih erat dengan para pelanggan yang sudah ada supaya mereka menjadi lebih loyal.

Apa Kegunaan dari Whatsapp Business API?

Tentunya baik juga untuk kita mengetahui kegunaan atau manfaat dari Whatsapp API ini supaya paham kenapa banyak perusahaan yang memakainya.

Meningkatkan Pelayanan Konsumen

Whatsapp API ini memungkinkan untuk melakukan pelayanan konsumen dengan begitu responsif dan tepat terkait dengan jawaban-jawaban yang dilayangkan oleh pelanggan.

Mempererat Hubungan dengan Pelanggan

Sistem CRM perusahaan yang terintegrasi dengan platform Whatsapp akan membuat hubungan dengan pelanggan menjadi lebih erat lagi.

Komunikasi dengan Pelanggan

Perusahaan juga bisa berkomunikasi dengan cara update informasi dan memberikan notifikasi supaya pelanggan merasa dilibatkan dalam aktifitas-aktifitas perusahaan.

Pemasaran dan Promosi

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Whatsapp Business API ini menjadi media promosi dan juga peasaran perusahaan dalam platform Whatsapp.

Menjadikan Pelanggan Loyal

Fitur-fitur yang terintegrasi dengan Whatsapp API ini akan “memanjakan” para pelanggan sehingga mereka akan semakin loyal dengan perusahaan.  

Bagikan: