Bagaimana Cara Mengintegrasikan Akun Whatsapp Business API? Cari Tahu Jawabannya Disini


Whatsapp Business API sudah menjadi salah satu pilihan yang digunakan perusahaan sebagai media komunikasi dengan para pelanggannya.

Tapi tahu kah anda bagaimana cara mengintegrasikan akun Whatsapp Business API tersebut sehingga bisa digunakan oleh perusahaan?

Jangan khawatir, ulasan yang satu ini akan membahas dengan jelas mengenai hal ini.

image for Bagaimana Cara Mengintegrasikan Akun Whatsapp Business API? Cari Tahu Jawabannya DisiniSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Memahami Lebih Dalam Mengenai Whatsapp Business API

Kita akan mengenali lebih dalam terlebih dahulu mengenai Whatsapp Business API sebelum masuk ke dalam pembahasan seputar cara mengintegrasikannya.

API itu sendiri merupakan sebuah singkatan dari Application Programming Interface yang merupakan sekumpulan kode yang terintegrasi dengan platform Whatsapp.

Kode-kode ini membentuk sebuah fitur, sistem atau aplikasi yang membantu kinerja perusahaan seperti unlimited broadcast, customer service, customer relationship management, dll

Pada intinya perusahaan-perusahaan menggunakan Whatsapp Business API ini sebagai media komunikasi bisnis mereka dengan para pelanggannya.

Hadirnya fitur-fitur dalam Whatsapp Business API ini membaru mereka dalam menjangkau pelanggan baru sekaligus mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Bagaimana Cara Mengintegrasikan Akun Whatsapp Business API?

Penting untuk diketahui bahwa Whatsapp Business API ini mampu mengintegrasikan aplikasi-aplikasi penting yang mampu membuat bisnis menjadi lebih efektif dan efisien.

Dan berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu untuk dilakukan dalam mengintegrasikan Whatsapp Business API, silahkan dipraktikan:

Pilih Partner Terbaik

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah memilih dan menentukan partner terbaik yang bisa “mengarahkan” pengintegrasian Whastapp Business API ini.

AlatWa senantiasa siap dalam membatu anda untuk bisa melakukan konsultasi kebutuhan dan rencana pengaturan Whatsapp Business API.

Membuat Akun Whatsapp Business

Langkah selanjutnya adalah membuat akun Whatsapp Business dengan tata cara yang sama seperti anda membuat akun Whatsapp Business pada umumnya.

Lakukan daftarkan melalui akun bisnis Facebook dengan menyiapkan beberapa dokumen dan data terkait bisnis, lalu tunggu verifikasi beberapa hari kedepan.

Masuk Dashboard AlatWA

Setelah akun Whatsapp Business anda siap, bisa masuk ke dalam dashboard AlatWA untuk melengkapi identitas bisnis anda.

Data dan identitas bisnis disini berupa nama perusahaan, alamat perusahaan, dan lain-lainnya yang umumnya tercantum dalam dokumen penting perusahaan.

Integrasi dengan Platform Whatsapp

Intergasi dengan Platform Whatsapp terbilang sangat mudah, anda tinggal sekali klik saja maka pengintegrasian tersebut terlaksana.

Disini anda bisa mengintegrasikan fitur-fitur penting penting seperti centang hijau, sistem CS, sistem CRM, sistem analisis, dll.

Menyiapkan Pesan Template

Setelah integrasi selesai dilakukan, anda bisa membuat pesan-pesan template permulaan seperti ucapan selamat datang, kode OTP, notif update fitur, dll

Kami sangat menyarankan anda untuk membuat pesan-pesan yang lebih personal supaya tingkat penerimaan pesan lebih tinggi.

Percobaan Pengiriman Pesan

Perlu untuk diketahui bahwa percobaan pengiriman pesan pada awal-awal itu sangatlah penting, jadi persiapkan ini matang-matang.

Sebisa mungkin testing sampai pengiriman pesan sesuai dengan apa yang diharapkan, dan jangan sampai ada hambatan dalam proses pengiriman pesan.

Bagikan: