Apa yang Bisa Dilakukan Bisnis dengan Whatsapp API? Inilah Jawabannya


 

Pada kesempatan yang baik ini, izinkan kami untuk berbagi informasi mengenai apa yang bisa dilakukan bisnis dengan Whatsapp API.

Tentunya kami berharap semoga apa yang kami sampaikan ini bisa menjadi referensi bagi perusahaan untuk dapat mengoptimalkan penggunaan WA API.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama info lengkapnya yang satu ini.

image for Apa yang Bisa Dilakukan Bisnis dengan Whatsapp API? Inilah JawabannyaSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Kenalan dulu dengan Whatsapp Business API

Sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai apa yang bisa dilakukan bisnis dengan Whatsapp API, tentu baiknya kita kenalan dulu dengan Whatsapp API itu sendiri.

API memiliki singkatan yaitu Application Programming Interface dimana sistem ini bisa memungkinkan developer mengintegrasikan aplikasi lainnya dengan Whatsapp.

Hadirnya Whatsapp Business API ini bertujuan semata-mata untuk memudahkan komunikasi perusahaan dengan pelanggannya agar lebih efektif dan efisien.

Fitur-fitur yang bisa dimaksimalkan bisnis dengan Whatsapp API seperti unlimited broadcast, fitur customer service, fitur customer relationship management, dan lainnya.

Fitur-fitur yang disebutkan di atas pastinya tidaik ada dalam Whatsapp Pesonal bahkan dalam Whatsapp Business sekalipun.

Apa yang Bisa Dilakukan Bisnis dengan Whatsapp API?

Setelah kita tahu mengenai pengertian dari Whatsapp API, sudah saatnya untuk kita juga mengetahui mengenai apa yang bisa dilakukan bisnis dengan Whatsapp API.

Dengan Whatsapp API Business ini perusahaan bisa melakukan berbagai banyak hal yang tentu saja tidak bisa dilakukan dengan Whatsapp Personal seperti :

Sebagai Otoritas Resmi

Whatsapp API menyediakan centang hijau atau virified badge sebagai otoritas resmi yang sudah terverifikasi dan juga terbukti memiliki bisnis.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan akan kehadiran fitur yang satu ini seperti membangun nilai dari brand, meningkatkan kredibilitas, dan masih banyak lagi.

Mengirim Notifikasi

Whatsapp Business API memungkinkan suatu bisnis memberikan atau mengirimkan berbagai macam notifikasi kepada para pelanggannya seperti notifikasi pemesanan, pengiriman, pembaharuan, dll.

Notifikasi ini sangat penting untuk engage dengan pelanggan supaya mereka merasa menjadi bagian dari tumbuh dan berkembangnya perusahaan.

Otomatisasi Layanan Pelanggan

Salah satu keunggulan dari Whatsapp Business API ini bisa melakukan otomatisasi layanan pelanggan. Pelanggan mendapatkan jawaban secara cepat dan juga akurat dari perusahaan.

Beberapa contoh dari fitur yang satu ini seperti mengirim respon otomatis untuk pertanyaan-pertanyaan yang umum, menyediakan pembaharuan pesanan otomatis, dll.

Mengirim Pesanan Promosi

Promosi merupakan bagian strategi pemasaran yang dijalankan oleh setiap perusahaan. Dan hadirnya Whatsapp Business API ini sangat membantu sekali dalam promosi perusahaan.

Dengan fitur seperti unlimited blast, perusahaan dapat menyebarkan promosi produk baru, penjualan, diskon dan yang lain sebagainya kepada para pelanggan mereka.

Menyediakan Dukungan Layanan

Perusahaan juga bisa menyediakan dukungan pelayanan lainnya kepada para pelanggannya dengan Whatsapp Business API ini seperti customer service, customer relationship management, dll.

Hadirnya berbagai tambahan layanan dari perusahaan kepada para pelanggannya diharapkan bisa membuat mereka semakin loyal dengan perusahaan.

Bagikan: