Pengertian Chatting yang Perlu untuk Anda Ketahui


Chatting bukanlah merupakan sesuatu hal yang baru bagi kita, istilah ini familiar ditelinga kita bahkan dalam kesehariannya kita sering melakukannya.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi secara mendalam mengenai pengertian chatting yang tentu saja perlu untuk anda ketahui bersama.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak artikel yang satu ini sampai selesai.

image for Pengertian Chatting yang Perlu untuk Anda KetahuiSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Pengertian Chatting

Sebenarnya chatting berasal dari kata dalam Bahasa Inggris yaitu “chat” yang artinya “obrolan”. Jadi istilah “chatting” ini bisa kita artikan sebagai “aktifitas obrolan alias ngobrol”.

Pada mulanya chatting ini dilakukan di dunia nyata (real life) seperti misalnya dengan keluarga, dengan saudara, dengan teman, dengan guru, dan dengan siapapun.

Namun seiring berkembangnya teknologi, kegiatan ngobrol yang biasa disebut chatting ini lebih banyak dilakukan melalui jaringan internet diberbagai macam platform.

Secara garis besar kita bisa memberikan pengertian chatting sebagai aktifitas percakapan yang dilakukan melalui media internet, tanpa harus bertatap muka dengan lawan bicaranya.

Awalnya media-media yang digunakan untuk melakukan chatting hanya bisa berbentuk teks (tulisan) saja, namun saat ini sudah banyak fiturnya termasuk audio, video, bahkan nelpon.

Platform Chatting

Tentu saja ada banyak sekali platform chatting sejak hadirnya jaringan internet di dunia ini, beberapa masih bertahan dan tentu saja masih bermunculan “pemain-pemain” baru.

Dulu aktifitas chatting hanya bisa dilakukan melalui komputer atau PC saja, namun saat ini sudah lebih banyak lagi perangkat yang bisa digunakan untuk chatting seperti smartphone, tablet dan lainnya.

Untuk anda yang merupakan anak tahun 1990-an atau 2000-an tentu tidak asing lagi dengan beberapa platform chatting berikut ini, seperti :

  • Yahoo Messeger
  • Google Talk
  • AOL Instant Messeger (AIM)
  • MSN Messeger
  • Internet Relat Chat (mIRC)

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet membuat berbagai macam platform chatting melakukan pembaruan layanan yang bisa kita nikmati saat ini.

Hal ini membuat pengguna terakomodir dengan banyak sekali fitur baru yang sangat bermanfaat seperti voice note, nelpon, grup dan komunitas, bahkan sampai update status.

Berikut ini adalah beberapa platform chatting yang populer dan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia, diantaranya adalah

  • Whatsapp
  • WeChat
  • Telegram
  • LINE
  • KakaoTalk

Chatting for Business

Pengguna platform chatting yang begitu luar biasanya banyaknya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, salah satunya Meta dengan platform Whatsapp Business.

Whatsapp juga mengakomodir percakapan untuk bisnis bagi perusahaan-perusahaan dengan skala menengah ke atas, mereka bisa menggunakan Whastapp Business API.

Whatsapp Business API ini dihadirkan oleh pihak Meta untuk menjadikan komunikasi antara perusahaan dengan para pelanggannya menjadi semain efektif dan efisien.

Beberapa fitur Whatsapp Business APi yang begitu powerful digunakan perusahaan antara lain verified account, blast message, sistem CS, sistem CRM, dan masih banyak lagi.

Tentu saja chatting for business ini tidak hanya ada di platform Whatsapp saja, platform lainnya juga mengakomodir hal-hal seperti ini untuk kepentingan bisnis.

Bagikan: