Mengenali Perbedaaan WA Bisnis dengan Whatsapp Business API


Dewasa ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan Whatsapp Business API, tentu ini berbeda dengan WA Bisnis pada umumnya.

Mau tahu perbedaan antara WA Bisnis dengan Whatsapp Business API kan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

image for Mengenali Perbedaaan WA Bisnis dengan Whatsapp Business APISumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Definisi dari Whatsapp Business API yang Perlu Kamu Ketahui

Tentu saja baik untuk kita mengetahui definisi dari Whatsapp Business API ini sebelum lanjut kepada pembahasan mengenai perbedaannya dengan WA Bisnis.

Perlu untuk diketahui bersama bahwa API ini merupakan singkatan dari Application Programming Interface yang merupakan kode-kode yang terintegrasi dengan platform WA.

Kode-kode ini membentuk suatu fitur, sistem, atau aplikasi yang tujuan utamanya adalah mempermudah komunikasi bisnis antara perusahaan dengan pelanggannya.

Salah satu keunggulan dari Whatsapp Business API ini adalah alur komunikasi bisa diatur sedemikian rupa supaya sifatnya lebih persoal dan disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan.

Beberapa fitur yang banyak digunakan perusahaan untuk kepentingan bisnisnya antara lain centang hijau, sistem customer service, sistem customer relationship management, dll.

Tentu saja Whastapp Business API ini berbeda dengan WA Bisnis yang banyak dipakai pengguna, mau tahu perbedaannya? Simak tulisan ini hingga selesai.

Perbedaaan Whatsapp Business API dengan WA Bisnis

Setelah kita tahu mengenai definisi dari Whatsapp Business API, saatnya untuk kita juga mengetahui perbedaanya dengan WA Bisnis yang biasanya banyak orang pakai.

Berikut ini adalah perbedaan dari Whatsapp Business API dengan WA Bisnis Biasa yang perlu untuk kit semua ketahui bersama.

  • Whatsapp Business API bisa digunakan oleh banyak admin (agent) sedang WA Bisnis Biasa hanya bisa digunakan satu admin saja (plus satu lagi kalau di PC)
  • Whatsapp Business API memungkinkan singkronisasi dan menyimpan riwayat chat secara otomatis, sedangkan WA Bisnis Biasa harus manual.
  • Whatsapp Business API memungkinkan simpan nomor dan nama kontak secara otomatis, sedangkan WA Bisnis Biasa harus dilakukan secara manual.
  • Whatsapp Business API dapat mengirimkan pesan broadcast secara unlimited, sedangkan WA Bisnis Biasa hanya bisa melakukan broadcast ke beberapa nomor saja.
  • Whatsapp Business API memungkinkan akun Whatsapp selalu aktif selama nomor masih aktif, sedangkan WA Bisnis Biasa akan terputus koneksinya ketika perangkan utamanya offline.
  • Whatsapp Business API bisa terintegrasi dengan aplikasi lain di luar sana, sedangkan Whatsapp Bisnis Biasa tak bisa terintegrasi.
  • Whatsapp Business API bisa menghadirkan fitur centang hijau (verified badge), sedangkan Whatsapp Bisnis Biasa tidak bisa seperti itu.
  • Pada umumnya, Whatsapp Business API digunakan untuk bisnis menengah ke atas sedangkan WA Bisnis Biasa dipakai untuk bisnis mikro dan kecil.

Nah itulah beberapa perbedaan dari Whatsapp Business API dengan WA Bisnis Biasa, jika kamu mengetahuinya lebih lagi bisa tulis di kolom komentar yang ada di bawah.  

Bagikan: