Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Menggunakan WhatsApp Business API


Whatsapp Business API merupakan platform komunikasi yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan menengah ke atas dalam hubungannya dengan para pelanggan.

Untuk anda yang hendak menggunakan Whatsapp Business API, perlu untuk mengetahui beberapa hal penting yang harus diperhatikan baik-baik.

Tulisan kami yang berikut ini akan mengulas dengan lengkap mengenai hal tersebut, jadi simak baik-baik ulasan dari kami ini.

image for Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Menggunakan WhatsApp Business APISumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Pentingnya Whatsapp Business API untuk Perusahaan Anda

Sebelum masuk kepada pembahasan mengenai hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum menggunakan Whatsapp Business API, anda perlu untuk tahu dulu betapa pentingnya platform tersebut.

Sebenarnya Whatsapp Business API ini bisa digunakan untuk berbagai macam skala bisnis, namun akan lebih optimal jika digunakan untuk perusahaan kelas menengah ke atas.

Salah satu contohnya adalah perusahaan kelas menengah ke atas memiliki pelanggan yang banyak sehingga butuh tenaga admin yang banyak juga dalam melayani mereka.

Whatsapp Business API bisa mengakomodir hal itu dengan sistem CS yang ada sehingga komunikasi antara perusahaan dengan para pelanggannya menjadi semakin efektif dan efisien

Selain itu juga ada fitur ChatBot yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan para pelanggan dengan cepat dan tepat (tentu saja tim admin akan selalu melakukan pembaruan dan penyesuaian jawaban).

Ada juga fitur Blast Message yang memberikan informasi mengenai perusahaan, produk, layanan, dan berita-berita update lainnya yang diperlukan para pelanggan dari perusahaan tersebut.

Mengingat betapa pentingnya peranan platform Whatsapp Business API, nampaknya perusahaan anda harus sesegera mungkin mengaplikasikan platform tersebut.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Menggunakan WhatsApp Business API

Setelah mengetahui berapa pentingnya peranan Whatsapp Business API sebagai media komunikasi dalam perusahaan, anda juga perlu tahu hal-hal penting sebelum menggunakan platform itu.

Berikut ini adalah poin-poin dari hal penting yang sudah seharusnya anda perhatikan ketika hendak menggunakan platform Whatsapp Business API.

Perihal Biaya

Hal penting yang harus menjadi perhatian perusahaan sebelum menggunakan platform Whatsapp Business API dari Meta adalah mengenali dan menyimak baik-baik perihal biaya ini.

Biaya yang dikeluarkan untuk menjadi pengguna Whatsapp Business API harus sesuai dengan budget perusahaan, jangan sampai penggunaan ini malah menjadi semakin membebani perusahaan.

Pengaturan dan Pemeliharan API

API yang merupakan singkatan dari Application Programming Interface ini yang membuat sistem-sistem dari pihak luar bisa terintegrasi dengan platform Whatsapp Business API.

Perlu adanya tenaga ahli dan profesional dibidang IT untuk bisa mengatur dan memelihara API sehingga anda harus bisa memilih provider (BSP) yang tepat.

Respon yang Cepat

Whatsapp Business API memiliki aturan tersendiri yakni bisnis harus bisa membalas komunikasi dari para pelanggannya dalam waktu 24 jam, kalau tidak dibalas maka pesannya akan hilang.

Hal tersebut menuntut perusahaan agar bisa merespon setiap komunikasi yang datang dengan cepat dan tepat supaya para pelanggan menjadi senang dengan pelayanan yang diberikan.

Panduan Konten

Whatsapp begitu peduli dengan penggunanya, untuk itu perusahaan harus bisa membuat panduan konten yang benar agar tidak menjadi “spam” untuk para penggunanya.

Disini diperlukan kreatifitas dan kerja keras perusaahaan untuk membuat konten-konten yang disenangi pelanggan sehingga akan menjadi pengalaman pelanggan yang menyenangkan.

Membuat Akun dan Template Pesan

Hal lain yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan ketika bisnis anda menggunakan Whatsapp Business API adalah mengenai pembuatan akun dan juga template pesannya.

Perlu untuk diketahui bahwa membuat akun dan template pesan juga perlu persetujuan dari pihak Whatsapp, sehingga perlu untuk dibuat dengan sebaik mungkin.

Bagikan: