Selain Bisnis, Siapa lagi yang Perlu untuk Menggunakan Whatsapp Business API?


Pastinya bukan hanya perusahaan atau bisnis saja yang menggunakan platform Whatsapp sebagai media komunikasi di dalam menjalankan aktifitasnya.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan sharing dengan anda semua mengenai organisasi di luar bisnis yang perlu untuk menggunakan Whatsapp Business API.

Langsung saja bisa anda simak informasi lengkapnya yang berikut ini.

image for Selain Bisnis, Siapa lagi yang Perlu untuk Menggunakan Whatsapp Business API?Sumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Pentingnya Whatsapp Business API sebagai Media Komunikasi 

Sebelum melangkah kepada pembahasa seputar organisasi non bisnis yang perlu untuk menggunakan Whatsapp Business API, anda perlu juga untuk tahu pentingnya platform tersebut sebagai media komunikasi.

Whastapp Business API sendiri diartikan sebagai sekumpulan kode-kode yang membentuk fitur, sistem atau aplikasi yang terintegrasi dengan platform Whatsapp dari Meta.

Whatsapp Business API tersebut digunakan untuk menjadikan komunikasi atau percakapan antara perusahaan dengan para pelanggannya menjadi lebih efektif dan efisien.

Tentu saja hal itu dilihat dari kaca mata bisnis, perlu untuk anda ketahui juga bahwa Whatsapp Business API ini bisa digunakan untuk organisasi-organisasi yang sifatnya cenderung bukan ke arah bisnis.

Organisasi-organisasi tersebut juga perlu untuk berkomunikasi secara efektif dan efisien dengan stakeholder yang selama ini bersinergi dengan mereka.

Selain Bisnis, Siapa lagi yang Perlu untuk Menggunakan Whatsapp Business API?

Seperti yang sudah kami singguh sebelumnya bahwa ada banyak sekali organisasi-organisasi di luar bisnis yang perlu untuk menggunakan aplikasi dari Whatsapp Business API.

Berikut ini kami perjelas informasi mengenai siapa saja yang berada di luar bisnis dan memerlukan untuk sesegera mungkin menggunakan platform Whatsapp Business API.

Organisasi Non Profit

Organisasi non profit atau lembaga sosial bisa menggunakan platform Whatsapp Business API untuk berkomunikasi dengan stakeholder mereka seperti anggota, relawan, donatur dan lainnya.

Dengan mengoptimalkan platform Whatsapp, mereka bisa menjalankan banyak hal seperti mengkordinasikan kegiatan, menyebarluaskan pengumuman, menggalang dukungan, dll.

Komunitas Sosial

Tentu anda tidak asing lagi dengan yang namanya komunitas sosial, iya kan? Saat ini ada banyak sekali organisasi-organisasi semacam itu mulai dari yang sifatnya hobi sampai kewirausahaan.

Whatsapp Business API ini bisa membantu komunikasi mereka dengan para anggotanya seperti menginformasikan acara, mengatur kegiatan, atau hanya sekedar berinteraksi.  

Instansi Pemerintah

Salah satu organisasi selain bisnis yang perlu untuk menggunakan platform dari Whatsapp Business APi adalah instansi pemerintah seperti kemetrian-kementrian, dinas-dinas, dan semisalnya.
Tentu saja ini merupakan hal yang penting dalam memberikan informasi publik seperti mengenai acara komunitas, layanan publik, dan program-program pemerintah lainnya.

Institusi Pendidikan

Whatsapp Business API bisa digunakan oleh institusi pendidikan sebagai platform mereka untuk berkomunikasi, misalnya seperti di TK, SD, SMP, SMA, bahkan hingga kampus-kampus.

Platform ini bisa digunakan oleh para guru atau mentor dalam memberikan materi pelajaran, tugas-tugas, dan pengumuman-pengumuman penting lainnya.

Layanan Kesehatan

Lembaga-lembaga yang melayani kesehatan juga penting untuk bisa menggunakan Whatsapp Business API dalam komunikasi mereka seperti di Rumah Sakit, Puskesmas, Posyandu, dll.

Komunikasi yang bisa terjadi dalam hal ini misalnya janji temu seputar urusan medis, memberikan informasi kesehatan, dan tanya jawab seputar kesehatan.

Kelompok Relawan

Pastinya kita sadar betul bahwa kelompok-kelompok relawan ini membutuhkan komunikasi yang cepat dan tepat ketika berada di lapangan (membantu korban yang terkena musibah).

Whatsapp Business API bisa digunakan kelompok relawa dalam hal mengkordinasi aktifitas, mengatur pertemuan, berbagi berita terkini, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Acara atau Event

Organisasi atau komunitas apapun perlu untuk menggunakan dan mengoptimalkan keberadaan Whatsapp Business API ketika mereka memiliki acara atau event.

Platform tersebut sangat membantu dalam menginformasikan apapun yang terkait dengan acara kepada para peserta seperti jadwal, waktu, tempat, pengisi acara dan update lainnya.

Kampanye Sosial

Untuk anda yang merupakan bagian dari organisasi atau komunitas yang memiliki kampanye-kampanye sosial, baiknya untuk menggunakan Whatsapp Business API.

Platform Whatsapp ini bisa digunakan dalam hal menginformasikan tujuan kampanye kepada masyarakat luas serta mengajak mereka untuk ikut berpartisipasi.

Bagikan: