Apa Saja Syarat yang Diperlukan untuk Menggunakan Whatsapp Business API?


Semakin kesini semakin banyak perusahaan yang menggunakan Whatsapp Business API untuk kebutuhan bisnisnya dalam hal komunikasi dengan para pelanggan

Tapi apakah kamu tahu apa saja syarat-syarat yang dibutuhkan untuk bisa menggunakan fitur dari platform Whatsapp tersebut.

Untuk kamu yang mau tahu lebih detailnya silahkan simak ulasannya yang berikut ini.

image for Apa Saja Syarat yang Diperlukan untuk Menggunakan Whatsapp Business API?Sumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Kenalan Dulu dengan Whatsapp Business API

Tentu baik untuk kita mengenai Whatsapp API itu sendiri sebelum masuk kepada hal-hal yang diperlukan untuk menggunakan fitur WA tersebut.

Perlu untuk kita tahu dulu bawah API merupakan singkatan dari Application Programming Interface yang merupakan kumpulan kode yang terintegrasi dengan platform Whatsapp.

Kumpulan kode tersebut bisa membentuk fitur, sistem atau aplikasi seperti unlimited broadcast, customer service, customer relationship management, dll.

Intinya, Whatsapp Business API ini merupakan aplikasi yang dimanfaatkan oleh banyak perusahaan untuk komunikasi bisnis dengan para pelanggannya.

Tentunya Whatsapp Business API ini berbeda dengan aplikasi Whatsapp yang banyak dari kita gunakan bahkan Whatsapp Business sekalipun.

Apa Syarat Menggunakan Whastapp Business API?

Setelah mengetahui sekilas mengenai Whatsapp Business API, tentu kita juga perlu untuk tahu dengan jelas mengenai syarat-syarat dalam menggunakan fitur tersebut.

Dan berikut ini adalah beberapa syarat yang perlu untuk dilengkap jika bisnis anda ingin menggunakan Whatsapp Business API.

Memiliki Badan Hukum

Salah satu syarat yang harus dipenuhi jika seseorang atau sekelompok orang ingin menggunakan Whatsapp Business APi adalah memiliki badan hukum.

Di Indonesia sendiri badan hukum itu bisa berupa CV (Perseketuan Komenditer), PT (Perseroan Terbatas) ataupun yayasan.

Tidak Berbisnis yang Dilarang

Bisnis yang ingin mendaftarkan perusahaannya untuk bisa menggunakan platform Whatsapp Business API ini harus tidak melakukan aktifitas-aktifitas bisnis yang dilarang.

Berikut ini adalah beberapa kategori bisnis yang dilarang oleh Meta yang merupakan induk perusahaan dari platform Whatsapp.

  • Narkoba
  • Produk Tembakau
  • Perjudian
  • Merek Alkohol
  • Bisnis Senjata dan Amunisi
  • Hewan Hidup
  • Produk/Layanan Dewasa
  • Produk Medis dan Perawatan Kesehatan
  • Layanan Kencan
  • Cryptocurrency

Memiliki ID Facebook Business Manager

Syarat lainnya untuk bisa menggunakan aplikasi dari Whatsapp Business API adalah memiliki ID Facebook Business Manager.

Karena ini merupakan salah satu metode untuk mendaftarkan menjadi pengguna dari Whatsapp Business API.

Memiliki Website Resmi

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa website resmi merupakan komponen penting bagi perusahaan, ini bisa menjadi media PR perusahaan kepada masyatrakat.

Nah untuk menjadi user dari Whatsapp Business API juga membutuhkan hal yang satu ini, yakni website resmi suatu perusahaan.

Memiliki Dokumen Perusahaan dan Penunjangnya

Perusahaan yang ingin menggunakan Whatsapp API harus memiliki dokumen-dokumen perusahaan seperti SIUP, NIB, NPWP, dll

Selain itu juga harus menyertakan dokumen-dokumen perusahaan lainnya seperti tagihan listrik, tagihan telpon, tagihan koran, dll

Bagikan: