Tantangan Penggunaan Whatsapp Business API untuk Aktifitas Bisnis


Sebagaimana yang sudah anda ketahui bersama bahwa platform Whatsapp banyak digunakan perusahaan dalam aktifitas bisnisnya.

Untuk perusahaan kelas menengah ke atas, mereka menggunakan Whatsapp Business API sebagai media komunikasi bisnis dengan pelanggannya.

Dalam prosesnya tentu saja ada tantangan yang dihadapi ketika menggunakan sistem dari Whatsapp Business API ini. 

Nah dalam kesempatan yang baik ini juga kita akan membahas seputar hal tersebut, so simak baik-baik ulasan kami yang berikut ini ya.

image for Tantangan Penggunaan Whatsapp Business API untuk Aktifitas BisnisSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Apa Itu Whatsapp Business API?

Tentu baik untuk anda mengetahui lebih jauh seputar apa itu Whatsapp Business API sebelum masuk kepada pembahasan seputar tantangan-tantangan dalam penggunaannya.

Sebelumnya anda juga perlu tahu mengenai API yang merupakan akronim dari Application Programming Interface, ini adalah sekumpulan kode-kode yang membentuk suatu fitur, sistem, atau aplikasi.

Jadi secara sederhana bisa diartikan bahwa Whatsapp Business API ini adalah sekumpulan kode yang berupa sistem dari pihak ke 3 yang terintegrasi dengan platform Whatsapp dari Meta.

Hal-hal yang seperti ini tentu ada maksud dan tujuannya yaitu untuk menjadikan komunikasi bisnis antara perusahaan dengan para pelanggannya semakin efektif dan efisien.

Jika strategi ini dijalankan dengan baik dan benar, maka perusahaan akan dapat meningkatkan pendapatan sekaligus mengurangi pengeluarannya.

Namun hal tersebut tidaklah seperti membalik kedua telapak tangan, ada tantangan-tantangan yang harus di hadapi dalam penggunaan teknologi dari Whatsapp ini.

Tantangan Penggunaan Whatsapp Business API untuk Aktifitas Bisnis

Setelah sebelumnya anda membahas lebih jauh seputar pengertian dari Whatsapp Business API, sekarang langsung kepada pembahasan mengenai tantangan-tantangan dalam penggunaannya.

Berikut ini adalah tantangan-tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan ketika menggunakan aplikasi dari Whatsapp Business API, berikut ini adalah poin-poinnya.

Privasi dan Keamanan

Meskipun Whatsapp memiliki teknologi yang canggih dan mutakhir terkait dengan pengaman data dan privasi, namun tetap saja perusahaan harus hati-hati dalam penggunaannya.

Jangan sampai teledor dan tergiur dengan hal-hal yang mencurigakan, bisa jadi itu adalah tindakan kejahatan online yang bisa membahayakan perusahaan.

Integrasi Sistem

Whatsapp dikenal dengan kemudahannya dalam hal penggunaan, begitu juga dengan Whatsapp Business API yang dibuat agar bisa memudahkan klien (perusahaan).

Tantangannya tentu saja ada pada perusahaan yang membuat fitur, sistem atau aplikasi yang harus bisa singkron dan terintegrasi dengan platfor Whatapp Business API.

Kecepatan Respon

Pelayanan yang paripurna merupakan kewajiban perusahaan atas para pelanggan, salah satunya adalah memberikan respon yang cepat saat berkomunikasi.

Whatsapp Business API menghadirkan fitur yang bernama ChatBot untuk menjawab tantangan ini, perusahaan bisa memberikan jawaban sevara otomatis untuk membalas secara cepat.

Skala Bisnis

Semakin besar skala bisnis perusahaan, maka volume komunikasi perusahaan tersebut dengan para pelanggannya juga semakin tinggi.

Platform Whatsapp bisa menjawab tantangan itu karena sudah dikenal dengan teknologinya yang canggih dan mutakhir, mereka punya infrastruktur yang begitu handal dalam hal ini.

Aktifitas Pemasaran

Pemasaran merupakan bagian yang penting bagi pertumbuhan perusahaan. Jika dilakukan dengan strategi yang benar, maka perusahaan akan mendapatkan peningkatan keuntungan.

Whatsapp Business API menghadirkan fitur blast atau broadcast yang bisa digunakan untuk akuisisi pelanggan, selain itu juga bisa untuk mempertahakan pelanggan lama.

Personalisasi Pesan

Salah satu strategi komunikasi antara perusahaan dengan para pelanggannya adalah dengan membuat pesan yang disampaikan menjadi lebih personal.

Hal ini akan membuat pelanggan merasa diperhatikan oleh perusahaan, jika hal ini dilakukan dengan benar maka pelanggan akan menjadi loyal.

Interaksi dengan Pelanggan

Interaksi dengan pelanggan adalah suatu keharusan bagi perusahaan, ini yang bisa membuat pelanggan bertahan dan menjadi loyalis.

Tentu menjadi sebuah tantangan bagi perusahaan agar senantiasa engaging dengan para pelanggannya. Kalau pendekatannya kurang tepat, justru ini bisa menjadi “boomerang”.

Masalah Pemeliharaan

Salah satu hal yang juga harus mendapatkan perhatian khusus oleh perusahaan ketika menggunakan Whatsapp Business API adalah masalah pemeliharaan.

Hal ini harus dilakukan dengan benar demi menjaga kepercayaan dari para pelanggan, selain itu hal ini juga bisa menghindari kerugiaan yang tidak sedikit.

Bagikan: