Tips Chat Dosen dengan Penuh Etika dan Sopan Santun


Komunikasi dengan dosen merupakan suatu hal yang penting, terutama ketika kita sedang menyusun tugas akhir.

Nah pada kesempatan kali ini, izinkan kami untuk berbagi beberapa tips cara chat dosen dengan penuh etika dan sopan santun.

So, silahkan simak baik-baik penjelasan lengkapnya berikut ini.

image for Tips Chat Dosen dengan Penuh Etika dan Sopan Santun

Chatting adalah Bagian dari Komunikasi

Sebelum kita masuk dalam pembahasan seputar tips dan trick chat dosen dengan penuh etika dan kesopanan, ada baiknya untuk kamu memahami bahwa chatting adalah bagian dari komunikasi.

Sebenarnya chatting ini berasal dari kata dalam Bahasa Inggris yaitu “chat” yang berarti “obrolan”. Oleh karena itu, obrolan apapun, kapanpun, dan dimanapun itu namanya chatting.

Misalnya obrolan kita dengan orang tua di rumah itu disebut chatting, obrolan kita dengan tetangga pun disebut chating, kita ngobrol dengan teman sekolah juga disebut chatting.

Namun seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, makna chatting ini semakin menyempit menjadi obrolan di dunia maya melalui suatu perangkat (aplikasi, platform, dll)

Saat ini ada banyak sekali aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk melakukan chatting seperti misalnya Whatsapp, Telegram, Facebook Messeger, WeChat, KakaoTalk, Line, dan yang lainnya.

Tips Chat Dosen dengan Penuh Etika dan Sopan Santun

Pastinya pertemanan kita sangatlah beragam ketika masuk ke dalam aplikasi chatting, bisa dengan orang tua, keluarga, saudara, teman, sahabat bahkan guru atau dosen.

Nah tentunya kita berkomunikasi dengan cara yang berbeda dengan tiap-tiap dari mereka, iya kan? Cara komunikasi kita tentu berbeda kepada teman dengan kepada orang tua, begitu juga kepada dosen.

Nah, berikut ini adalah tips dan trick untuk chat kepada dosen dengan penuh etika dan juga sopan santun. Silahkan disimak dengan baik dan jangan lupa untuk diaplikasikan.

Perhatikan Waktu

Perlu untuk dipahami bahwa dosen memiliki jadwal yang relatif padat seperti misalnya aktifitas mengajar, riset dan penelitian, tugas-tugas lainnya, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, itu pintar-pintarnya kamu untuk mengetahui waktu-waktu dosen tersebut bisa dihubungi. Jangan juga menghubungi dosen ketika sedang libur atau tanggal merah.

Bahasa Sopan

Pastika kamu menggunakan bahasa yang sopan dan profesional ketika chat dengan dosen. Jangan sekali-kali menggunakan bahasa alay alias non-formal ketika menghubungi mereka.

Tentu saja kamu perlu untuk menghormati status dosen dan memilih kata-kata yang sesuai dan tepat. Perlu untuk diingat juga jangan sampai menyingkat kata-kata dalam pesan yang dituliskan.

Salam Pembuka

Ketika mengirimkan chat kepada dosen, pastikan menggunakan kalimat salam pembuka di awal seperti “assalamualaikum”, “selamat pagi”, “selamat siang”, dan semisalnya.

Ini merupakan salah satu cara untuk menunjukkan rasa hormat dan sopan santun kamu, tentu saja ini bisa menjadi langkah kecil yang dapat memberikan kesan positif dari kamu.

Kenalkan Diri

Tips dan trick lainnya dalam chatting dengan dosen adalah memperkenalkan diri kamu, terlebih jika itu adalah pertama kalinya kamu menghubungi dosen kamu melalui aplikasi chatting.

Perlu untuk dipahami bahwa tidak semua dosen ingat dengan mahasiswanya apalagi sampai save no kontaknya. Untuk itu, kamu perlu memperkenalkan diri supaya mereka bisa tahu kamu.

Singkat, Jelas & Padat

Perlu untuk disadari bahwa dosen memiliki tanggung jawab yang terbilang banyak baik itu di dalam maupun luar kampus. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari basa-basi yang tidak perlu.

Kamu harus bisa berkomunikasi melalui chati secara singkat, jelas dan padat. Fokuslah pada tujuan ketika kamu berkomunikasi dengan dosen tersebut melalui chat.

Permintaan Izin

Dalam perjalanannya, tentu kamu berkomunikasi dengan dosen melalui telpon bahkan bertemu (tatap muka). Untuk itu, kamu perlu minta izin terlebih dahulu melalui chat jika ingin telpon atau bertemu.

Nah jika kamu sudah mendapatkan izin menelpon atau bahkan mendapatkan jadwal pertemuan, sebisa mungkin kamu mempersiapkannya sebaik mungkin karena waktu mereka begitu berharga.

Ucapkan Terima Kasih

Hal yang tidak boleh terlupakan adalah mengucapkan terima kasih banyak di akhir perjumpaan, baik itu ketika chatting, menelpon maupun bertatap muka (pertemuan).

Ucapan terima kasih ini merupakan bentuk penghargaan atau penghormatan kamu kepada dosen karena sudah meluangkan waktu, tenaga, pikiran bahkan materi untuk bertemu dengan kamu.

Bagikan: