Apakah Whatsapp Business API Bisa Digunakan untuk Kepentingan Pribadi?


Whatsapp Business API menghadirkan solusi untuk komunikasi perusahaan dengan pelanggannya yang lebih efektif dan efisien.

Namun pertanyaannya, apakah sistem Whatsapp Business API ini bisa digunakan untuk kepentingan yang sifatnya lebih pribadi?

Untuk itu, mari kita simak ulasan lengkapnya dalam tulisan berikut ini.

image for Apakah Whatsapp Business API Bisa Digunakan untuk Kepentingan Pribadi?Sumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Perihal Whatsapp Business API

Tentu baiknya kita mengenali dulu perihal Whatsapp Business API itu sendiri sebelum masuk kepada pembahasan mengenai sistem tersebut untuk kepentingan pribadi.

Perlu untuk diketahui juga bahwa API ini adalah singkatan dari Application Programming Interface yang merupakan kumpulan kode-kode dari sebuah fitur, sistem atau aplikasi.

Kelak API ini terintegrasi dengan platform Whatsapp yang tujuannya adalah memudahkan komunikasi perusahaan dengan para pelanggannya supaya menjadi semakin efektif dan efisien.

Whatsapp Business API ini hadir dengan berbagai macam fitur yang sangat membantu seperti sistem CS, sistem CRM, sistem analisis, dan masih banyak lagi.

Meskipun namanya sama-sama Whatsapp Business, namun Whatsapp Business API ini sangat jauh berbeda dengan Whatsapp Business yang biasa dan banyak dari kita gunakan.

Apakah Whatsapp Business API Bisa Digunakan untuk Kepentingan Pribadi?

Nah setelah kita tahu perihal Whatsapp Business API itu sendiri, saatnya untuk kita juga tahu apakah sistem tersebut bisa dipakai untuk kebutuhan personal.

Jawabannya adalah tentu saja bisa secara teknis, namun Meta merancang ini semua untuk kepentingan bisnis dengan skala menangah dan besar.

Untuk kepentingan pribadi, anda bisa menggunakan platform Whatsapp Personal seperti yang kebanyakan orang gunakan.

Bahkan sebenarnya Whatsapp Business Biasa pun tidak cocok untuk keperluan pribadi, karena ini cocoknya untuk kepentigan bisnis menengah ke bawah.

Selain itu, biaya operasional penggunaan Whatsapp Business API itu tidak murah kalau dilihat dari kacamata pribadi sehingga ini tidak efektif dan efisien.

Pentingnya Komunikasi Personal dengan Whatsapp Business API

Setelah kita mengetahui Whatsapp Business API dan pentingnya untuk aktifitas bisnis, saatnya untuk kita juga tahu bahwa perlunya komunikasi personal dengan sistem yang satu ini.

Tentunya kita semua sadar bahwa konsumen dari perusahaan adalah manusia. Oleh sebab itu, penting komunikasi yang dibuat lebih personal kepada para pelanggan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan perusahaan dalam menggunakan Whatsapp Business API agar lebih bersifar personal.

  • Selalu gunakan nama pelanggan ketika sedang berkomunikasi.
  • Kirim pesan disaat hari-hari penting pelanggan.
  • Gunakan data pelanggan untuk komunikasi yang lebih relevan.
  • Sesekali menanyakan hal-hal yang lebih personal
  • Berikan dukungan moral yang lebih bersifat personal.

Intinya, komunikasi yang lebih personal antara perusahaan dengan para pelanggan adalah penting. Untuk itu diperlukan cara-cara yang lebih baik agar menjadi semakin efektif dan efisien.

Bagikan: