Pentingnya Peranan Whatsapp Business API Sebagai Media Hubungan Masyarakat


Untuk mencapai tujuananya, perusahaan wajib hukumnya untuk membangun hubungan yang baik dengan masyarakat.

Tentu saja ada banyak platform untuk bisa menjalankan hal tersebut, salah satunya adalah Whastapp Business API dari Meta.

Nah pada kesempatan yang baik ini, kami akan sharing informasi lengkap mengenai pentingnya peranan platform tersebut sebagai media humas.

So, langsung saja anda simak baik-baik ulasan lengkapnya yang berikut ini.

image for Pentingnya Peranan Whatsapp Business API Sebagai Media Hubungan MasyarakatSumber Gambar ini dari Situs Pixabay

Apa Itu Humas?

Humas yang merupakan sebuah singkatan dari Hubungan Masyarakat adalah bagian dari sebuah organisasi yang berhubungan dengan masyarakat baik itu langsung maupun melalui media.

Masyarakat yang dimasud disini adalah stakeholder alias orang-orang yang berkepentingan dengan perusahaan tersebut khususnya dalam hal ini adalah konsumen. 

Sudah seharusnya perusahaan menjalin dan membina hubungan yang baik dengan para pelanggannya, salah satunya adalah untuk membuat mereka loyal dengan perusahaan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini sudah banyak perusahaan kelas menengah ke atas yang menggunakan Whatsapp Business API sebagai media humas mereka.

Fitur-fitur yang terdapat dalam platform tersebut sangat membantu perusahaan dalam berkomunikasi dengan para pelanggannya, bahkan menjadi semakin efektif dan efisien.

Pentingnya Peranan Whatsapp Business API Sebagai Media Hubungan Masyarakat

Seperti yang sudah kami mention sebelumnya bahwa peranan platform Whatsapp Business API ini sangat penting bagi perusahaan khususnya sebagai media hubungan masyarakat.

Dan berikut ini adalah poin-poin dari fungsi utama dari humas yang bisa dicover dengan menggunakan Whatsapp Business API secara optimal:

Membangun Citra dan Reputasi

Fungsi dari hubungan masyarakat atau yang dikenal dengan public relation salah satunya adalah membangun citra dan reputasi yang baik dari perusahaan di mata masyarakat.

Whatsapp Business API memiliki satu fitur yang bernama verified account atau centang hijau dimana ini baik untuk meningkatkan citra dan reputasi perusahaan yang akan membuatnya dipercaya.

Hubungan dengan Media

Salah satu stakeholder dari perusahaan adalah media-media yang memiliki hubungan kerjasama baik itu yang sifatnya online (situs, website, blog, dll) atau offline (media cetak).

Hubungan dengan media ini perlu untuk senantiasa dibangun supaya hubungannya semakin erat lagi, dan hal tersebut bisa dilakukan dengan komunikasi via platform Whatsapp.

Kampanye Promosi & Pemasaran

Untuk mencapai tujuan perusahaan, tentu diperlukan kampanye promosi dan pemasaran supaya produknya semakin dikenal banyak orang.

Whatsapp Business API memiliki fitur blast atau broadcast yang bisa menjalankan strategi tersebut bahkan bisa menargetkan orang-orang yang spesifik.

Edukasi Masyarakat

Manfaat lainnya dari penggunaan Whatsapp Business API bagi perusahaan adalah sebagai media edukasi untuk masyarakat.

Tentu masyarakat banyak yang ingin mengetahui seputar perusahaan, termasuk produk yang dijual. Nah hal-hal yang seperti ini bisa membuat kedekatan dengan masyarakat.

Bagikan: