Siapa Saja yang Perlu Mempertimbangkan dalam Menggunakan Whatsapp Business API?


Setiap bisnis tentu perlu media yang handal untuk bisa berkomunikasi bisnis dengan para pelanggannya, salah satunya adalah dengan menggunakan Whatsapp Business API dari Meta.

Namun tidak ada salahnya untuk anda mengetahui siapa saja yang perlu untuk mempertimbangkan dalam menggunakan Whatsapp Business API yang akan kami bahas pada kesepatan kali ini.

So, langsung saja simak ulasan lengkapnya yang berikut ini, lets check this out:

Apa yang Dimaksud dengan Whatsapp Business API?

Sebelum beranjak kepada pembahasa mengenai bisnis apa saja yang perlu untuk menggunakan Whatsapp Business API, ada baiknya anda mengenali apa yang dimaksud dengan Whatsapp Business API.

Perlu juga untuk anda ketahui bahwa API yang merupakan singkatan dari Application Programming Interface ini merupakan sekumpulan kode-kode yang membentuk suatu fitur, sistem atau aplikasi.

Jadi, Whatsapp Business API ini merupakan kode-kode berupa fitur, sistem atau aplikasi dari pihak ke 3 (luar) yang terintegrasi dengan platform Whatsapp dari Meta.

Hadirnya Whatsapp Business API ini tentulah memiliki tujuan yaitu untuk membuat komunikasi bisnis antara perusahaan dengan para pelanggannya menjadi semakin efeksit dan efisien.

Beberapa fitur penting yang banyak digunakan perusahaan dalam Whatsapp Business API seperti:

  • Verified badge (centang hijau)
  • ChatBot (robot untuk percakapan)
  • Sistem Customer Service
  • Sistem Customer Relationship Management
  • Sistem analisis, dan masih banyak lagi.

Siapa Saja yang Perlu Mempertimbangkan dalam Menggunakan Whatsapp Business API?

Pastinya setiap bisnis level menengah ke atas yang memiliki komunikasi percakapan yang massive dengan para pelanggannya membutuhkan Whatsapp Business API sebagai medianya.

Dan berikut ini adalah tipe-tipe bisnis yang perlu untuk mempertimbangkan dalam hal menggunakan Whatsapp Business API sebagai media komunikasi mereka.

Industri Retail

Salah satu bisnis yang perlu mempertimbangkan untuk menggunakan platform Whatsapp Business API adalah setiap pemain dalam industri retail.

Penjualan barang yang langsung ditujukan kepada masyarakat umum harus diimbangi dengan layanan komunikasi yang mudah dan cepat.

Whatsapp Business API bisa mengakomodir hal-hal tersebut dengan fitur-fitur automasi, ChatBot, dan juga blast message yang mereka miliki.

Bisnis Online (E-commerce)

Bisnis online atau yang dikenal juga dengan e-commerce sudah banyak menggunakan Whatsapp Business API. Untuk anda yang baru mulai, saatnya untuk memanfaatkan platform yang satu ini.

Whatsapp Business API dapat mengakomodir proses konfirmasi pembayaran transaksi melalui sistem kode OTP sehingga bisa lebih cepat dan tepat.

Tentu saja hal ini bisa memberikan rasa keamanan dan kenyamanan pelanggan dalam berbelanja online sehingga bisa meningkatkan pengalaman konsumen yang tentu saja ini baik untuk bisnis.

Industri Otomotif

Jika bisnis anda bermain dalam bidang otomotif, kami sarankan sesegera mungkin untuk menggunakan sistem Whatsapp Business API dari Meta.

Fiturnya seperti ChatBot sangat powerful sekali untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan dari para pelanggan, terutama mereka yang baru.

Selain itu, sistem customer service juga bisa dioptimalkan untuk meningkatkan performa pelayanan sehingga konsumen akan merasa senang yang akhirnya akan bermuara kepada peningkatan penjualan.

Industri Telekomunikasi

Salah satu keunikan berbisnis dalam industri telekomunikasi adalah banyak pengguna layanan yang memakai nomor tertentu sudah sejak lama, bahkan ada yang belasan tahun lamanya.

Whatsapp Business API mampu mengintegrasikan sistem customer relationship management yang bisa mengoptimalkan komunikasi bisnis menjadi hubungan baik dengan para pelanggannya.

Setiap bisnis wajib untuk menjaga hubungan baik dengan para pelanggannya, hal ini untuk membuat pelanggan menjadi loyal yang tentu saja akan berdampak positif kepada tingkat penjualan.

Bisnis Travel 

Bisnis yang juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan platform dari Whatsapp Business API adalah bisnis tour dan travel.

Pastinya ada banyak sekali calon pelanggan yang ingin menanyakan hal-hal yang terkait dengan perjalanannya seperti apa saja paketnya? Berapa harganya? Tempat-tempat mana saja yang dikunjungi? dll.

Nah fitur ChatBot bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan cepat dan mudah. Perusahaan juga bisa membuat template jawaban yang terkustomisasi untuk para pelanggannya.

Bagikan: